Batam  

Rudi dan Marlin Kurban Sapi Limousin Seberat Lebih Kurang 1 Ton

Usai menunaikan salat Idul Adha 1444 H di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Walikota Batam Muhammad Rudi dan Ketua TP-PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyerahkan sapi limousin yang beratnya lebih kuran 1 ton, Kamis (29/6/2023). (F. diskominfo batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Ribuan jamaah memadati Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, melaksanakan salat Idul Adha 1444 H, Kamis (29/6/2023).

Turut ikut serta melaksanakan salat berjamaah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Ketua TP-PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Baca Juga: Siap Salat Langsung Foto-Foto, Masyarakat Membludak Salat Idul Adha di Masjid Tanjak

Jumlah kurban di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sebanyak 10 sapi dan tujuh kambing. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi juga turut berkurban sapi dengan jenis Limousin seberat lebih kurang 1 ton.

Usai salat berjamaah, Rudi bersama bersama Marlin menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban, yang juga disaksikan sejumlah masyarakat Kota Batam.

BACA JUGA:   Rudi Dengarkan Curhat Warga Sembulang
Walikota Batam, Muhammad Rudi menunaikan salat Idul Adha 1444 H di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Kamis (29/6)2023). (F. diskominfo batam)

Penyelenggaraan salat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tingkat Kota Batam pada Kamis (29/6/2023) dipusatkan di tiga lokasi.

Di antaranya yakni di Dataran Engku Putri Batam Center, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman di Seiharapan, Sekupang.

Untuk Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah bertindak selaku Imam adalah Ustadz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai dan Bilal Mirwan Priadi.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi, mengatakan, Idul Adha mengajarkan umat Islam akan arti pengorbanan yang sesungguhnya kepada Allah SWT, di mana pengorbanan itu tentang bertindak tulus dan ikhlas.

“Nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah,” kata Rudi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

BACA JUGA:   64 Tim Futsal Rebut Piala Kepala BP Batam

Menurutnya, dengan berkurban menjadi bukti cinta kepada sesama. Karena itu Rudi mengajak agar hari raya Idul Adha ini dapat dimaknai dan dijadikan momentum pembersihan diri.

Selain itu, Rudi meminta kepada seluruh masyarakat Kota Batam, terus mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, semoga kita semua dapat terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” katanya.

Sementara, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, mengatakan, hari raya Idul Adha mengajarkan kepada kaum muslim tentang arti kesetaraan. Makna berkurban juga mengajarkan saling berbagi dengan sesama.

Pada kesempatan itu, Marlin mengajak seluruh masyarakat Provinsi Kepri pada umumnya dan Kota Batam khususnya, sama-sama menjaga ketertiban, keamanan, persatuan, dan kesatuan.

BACA JUGA:   Pembangunan Batam Masif, Gapensi Minta BP dan Pemko Berpihak pada Kontraktor Lokal

“Kami atas nama Pemprov Kepri dan nama pribadi, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Mohon maaf lahir dan bathin,” kata Marlin.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini di Kota Batam dilaksanakan di 635 titik. Sedangkan untuk hewan kurban, total ada 3.642 ekor dengan rincian 1.187 sapi dan 2.455 kambing. (hen)