Obat Batuk Alami di Sekitar Kita

F. ilustrasi

Batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami manusia. Meskipun tergolong ringan, tapi repot juga jika berinteraksi dengan masyarakat. Sebab, batuk mudah sekali menular.

Namun, jangan panik. Sebab, ada obat batuk alami di sekitar Kita. Berikut obat batuk alama di sekitar kita:

  1. Jeruk nipis
    Jeruk nipis terkenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi batuk. Hal ini terjadi, karena dalam buah ini terdapat asam sitrat yang mampu mengencerkan dahak sehingga batuk dapat membaik.

Namun, apakah air jeruk nipis dan kecap bisa menyembuhkan batuk? Melansir dari jurnal yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya, dengan judul Effect Of Mixed Water Lime And Soy Sauce In The Healing Cough Of Toddler, campuran keduanya bisa meredakan batuk.

Bukan hanya untuk orang dewasa, campuran ini juga bisa berguna untuk anak. Akan tetapi, sebaiknya pengobatan alami ini tidak diberikan untuk anak yang berusia kurang dari satu tahun. Untuk selanjutnya, bisa tanyakan langsung dokter spesialis jika batuk anak tidak membaik.

  1. Madu
    Salah satu bahan alami yang mampu mengatasi batuk adalah madu. Kandungan di dalamnya bisa mengobati kondisi batuk akibat infeksi pada saluran pernapasan atas. Bahkan, mengonsumsinya dapat menekan batuk dan mengurangi kebutuhan antibiotik.
BACA JUGA:   Orang Tua Jangan Panik, jika Anaknya Menderita Hemofilia

Kamu hanya perlu menelan satu sendok madu secara langsung atau menambahkannya ke minuman panas, seperti teh herbal. Kombinasi madu dan teh, dapat memberikan manfaat yang baik pada tenggorokan.

  1. Jahe
    Jahe menjadi salah satu bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini membantu kamu meredakan batuk secara alami.

Sebuah penelitian tahun 2015 dalam jurnal Chronic Respiratory Disease, meneliti sepuluh bahan alami termasuk jahe untuk pengobatan alami. Para peneliti menemukan, jahe bisa menjadi solusi alami mengatasi batuk.

  1. Kumur dengan air garam
    Obat batuk alami lainnya yaitu berkumur dengan air garam. Metode ini dapat meringankan sakit tenggorokan dan berbagai gejalanya. Larutan ini juga mengeluarkan lendir yang bertumpuk.

Begini cara membuat air garam:

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut.
Biarkan agak dingin sebelum berkumur.
Diamkan sejenak cairan tersebut di belakang tenggorokan sebelum dikeluarkan.
Lakukan beberapa kali hingga batuk membaik.
Sebaiknya tidak dilakukan oleh anak kecil dan seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.
Selain itu, alternatif lainnya adalah berkumur dengan obat antiseptik, yang ampuh dalam mengatasi virus atau bakteri yang ada di tenggorokan.

  1. Daun thyme
    Daun thyme atau daun timi juga bisa menjadi obat batuk alami berkhasiat. Tanaman herbal yang satu ini, ampuh mengatasi batuk, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan. Kamu bisa membuat teh dengan campuran daun thyme atau mencampurkan daun ini ke dalam masakan.
  2. Nanas
    Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dari sifat mukolitik. Kedua sifat tersebut, dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.
BACA JUGA:   Merokok Bukan Keren-kerenan, Kampanyekan Bahaya Racun Tembakau

Beberapa orang minum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk. Namun, kamu bisa meminum suplemen bromlain agar lebih praktis.

  1. Kunyit
    Kunyit bisa menjadi salah satu obat batuk alami yang berguna untuk orang dewasa. Melansir dari Journal of The Science of Food and Agriculture, kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan batuk.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk air perasan atau bubuk. Untuk air perasan kunyit, kamu bisa tambahkan air hangat dan madu. Kamu juga bisa mengonsumsi bubuk kunyit yang kamu campurkan pada susu hangat.

  1. Daun peppermint
    Daun peppermint juga menjadi bahan alami yang bisa mengobati batuk. Kamu bisa mencampurkan daun peppermint yang sudah bersih dengan teh hangat. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin untuk meredakan batuk.
  2. Yoghurt
    Cobalah mengonsumsi yoghurt, jika kamu mengalami batuk yang tidak kunjung membaik. Pasalnya, yoghurt mengandung prebiotik yang bisa mengoptimalkan sistem imun tubuh. Ketika imun tubuh menjadi lebih optimal, kondisi ini bisa membuat batuk menjadi lebih cepat membaik.
  3. Air hangat
    Kamu bisa mengatasi batuk yang membandel dengan mengonsumsi air hangat. Saat mengonsumsi air hangat, kamu bisa mengencerkan dahak sehingga batuk menjadi reda.
BACA JUGA:   Berisiko saat Melaut, Rudi Serahkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Nelayan

Selain air putih hangat, cobalah mengonsumsi susu atau teh hangat. Kamu bisa mencampurkan dengan madu atau bahan alami lain yang bisa mengatasi batuk.

  1. Teh camomile
    Kamu juga bisa mengonsumsi teh herbal, seperti teh camomile. Teh ini mengandung flavonoid yang berasal dari camomile. Ketika batuk atau sakit tenggorokan, mengonsumsi teh camomile bisa membantu mengatasi peradangan pada tenggorokan.

Demikian sekilas obat batuk alami di sekitar kita. Jika keluarga Anda batuk, tinggal cari bahannya ada di rumah kok. Selamat mencoba, dan semoga cepat sembuh. (asa)