BP Tingkatkan Investasi Masuk Lewat Peningkatan Infrastruktur Masif

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi melakukan upacara adat menyiram alat bor piling pada groundbreaking fly over Seiladi, beberapa waktu lalu. (F. amr)

BATAM (Kepri.co.id) – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi terus berkomitmen meningkatkan investasi masuk lewat peningkatan pembangunan infrastruktur secara masif.

Dengan demikian, Rudi mengaku optimis, pertumbuhan investasi di Kota Batam akan meningkat tahun 2024.

Pasalnya, sejumlah investor terus melirik Batam sebagai salah satu daerah unggulan investasi di Indonesia.

“Kemajuan Batam yang pesat saat ini, mampu menarik minat investor. Tentu kita bersyukur, karena ini bisa memberikan efek positif terhadap ekonomi daerah,” ujar Rudi usai bertemu Dubes Singapura untuk Indonesia, Senin (18/3/2024).

BACA JUGA:   Urai Kemacetan dan Tambah Keindahan Kota

Beberapa sektor yang ada di Kota Batam, pun menjadi incaran serius investor. Mulai dari sektor manufaktur, jasa, dan industri digital.

Bahkan, kata Rudi, Singapura memberi perhatian penuh terhadap perkembangan industri digital Batam saat ini.

Hal ini pun menjadi sinyal positif, untuk peningkatan nilai investasi Singapura terhadap Batam ke depan.

Mengingat, Singapura merupakan negara yang mendominasi realisasi investasi di Batam sepanjang tahun 2023 lalu, dengan nilai sebesar 366,47 juta dolar AS atau Rp5,42 triliun dari 778 proyek.

BACA JUGA:   Tegangan 20 kV Masuk Pulau Buluh, Masyarakat Nikmati Listrik 24 Jam

Nilai investasi Singapura itu, memberikan sumbangsih 61,5 persen dari total keseluruhan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam.

“Komitmen BP Batam, memberikan kemudahan perizinan kepada investor. Termasuk dari Singapura. Mudah-mudahan, langkah strategis BP Batan mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan realisasi investasi Batam tahun 2024,” ujar Rudi.

Rudi mengatakan, BP Batam selalu mengedepankan langkah-langkah strategis, mendukung pertumbuhan investasi.

Beberapa di antaranya, berkaitan dengan menyiapkan infrastruktur pendukung investasi yang maksimal. Sehingga, kenyamanan dan keamanan investor bisa terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA:   Gubkepri Sampaikan LKPJ dalam Paripurna DPRD

“Kita ingin iklim investasi di Batam ini, mampu menarik minat investor. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur pendukung investasi saya siapkan maksimal, agar investor nyaman,” tambahnya.

Ia optimis, ekonomi Batam tahun 2024 pun mampu tumbuh meroket berkat pengaruh investasi yang terus meningkat.

“Alhamdulillah, ekonomi Batam tumbuh baik tahun 2023, dengan nilai 7,04 persen. Jika investasi meningkat, pertumbuhan ekonomi pun akan semakin baik,” pungkasnya. (rud)