Sumut  

Kodam I Bukit Barisan Expo 2023, Pemkab Paluta Pamerkan Batik Tulis Candi Portibi

Inilah batik tulis motif Candi Portibi khas Paluta yang dipamerkan dan bisa dibeli diajang Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan Expo 2023 di Lapangan Benteng Medan, Minggu (16/7/2023 ). (F. roji)

PALUTA (Kepri.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mengikuti Kodam I/ Bukit Barisan Expo 2023.

Kegiatan dilaksanakan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan di Lapangan Benteng Medan, Minggu (16/7/2023).

Baca Juga: Bupati Paluta Beri Semangat Penampilan Paluta di Panggung Pekan Raya Sumatera Utara

Diketahui, Kodam I/BB merupakan Komando kewilayahan pertahanan yang meliputi Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau (Kepri).

BACA JUGA:   Ikabsu Provinsi Kepri Jalin Kerja Sama dengan KMP PT Damai Lautan Nusantara, Buka Tol Laut Batam - Belawan - Jakarta

Pemkab Paluta juga menyambut baik serta mendukung sepenuhnya pelaksanaan expo 2023, dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Kodam I/ Bukit Barisan.

Inilah stand Pemkab Paluta diajang Kodam I/ Bukit Barisan Expo 2023 di Lapangan Benteng Medan, Minggu (16/7/2023 ). (F. roji)

Dalam HUT ke-73 Kodam I/ Bukit Barisan ini, masyarakat bisa mengetahui alutista TNI, dan diharapkan menambah kecintaan masyarakat kepada TNI.

Pemkab Paluta dalam expo 2023 ini, memamerkan batik tulis khas Paluta. Batik tersebut, memiliki lima motif yakni Candi Portibi, Horas Batak Paluta, Balakka, Ikan Saleh, dan Arum Mukti.

BACA JUGA:   Camat Padang Bolak Julu Ingatkan Para Cakades Tanpa Mahar

“Kain batik dan tenun punya ciri khas Paluta yaitu Candi Portibi. Bagi masyarakat yang ingin memesan Batik Paluta bisa menghubungi +62 853 7108 8988,” ungkap Kadis Perindag Pemkab Paluta, Ridi AP melalui Kabid Perindustrian Disperindag Kabupaten Paluta, Fauziah Amini Lubis.

Selain memiliki banyak motif, batik khas Paluta ini memiliki beragam warna mulai dari merah, hijau, ungu, jingga, maupun ungu.

Kabid Perindustrian Disperindag Kabupaten Paluta, Fauziah Amini Lubis menunjukkan motif batik tulis khas Paluta yang dipamerkan dan bisa dibeli diajang Kodam I/ Bukit Barisan Expo 2023 di Lapangan Benteng Medan, Minggu (16/7/2023 ). (F. roji)

“Batik tulis ini yang paling best seller, memang dicanting sendiri, diwarnai sendiri, dan dijemur sampai menghasilkan lembaran batik untuk dijual,” ujarnya.

BACA JUGA:   KPU Paluta Gandeng Wartawan, Sosialisasi Sukseskan Pemilu 2024

Dalam selembar kain batik tulis, memiliki ukuran 2 meter dengan harga mulai dari Rp250 ribu hingga Rp500 ribu per lembar.

Fauziah menyebutkan, penjualan batik tulis saat ini sudah melakukan pengiriman hingga ke luar pulau Sumatera.

“Alhamdulillah sudah ekspansi ke luar daerah, dan juga kita rutin ikut pameran pameran termasuk Kodam I Bukit Barisan Expo di lapangan Benteng Kota Medan, bahkan fashion show agar mengenalkan kain ini,” ucapnya. (roji)