Ajak Bersatu, Ketua Umum PWI Pusat Lantik Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumbar

Ketua Umum PWI Pusat, Atas S Depari menyerahkan pataka kepada Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar pada acara pelantikan di Hotel Truntum Kota Padang, Jumat (13/1/2023). (F. dok pwi pusat)

PADANG (Kepri.co.id) – Ketua Umum Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari melantik Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumatera Barat (Sumbar) di Hotel Truntum Kota Padang, Jumat (13/1/2023).

Usai acara pelantikan kepengurusan PWI Sumbar periode 2022 – 2027, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari berharap agar Basril Basyar, yang akrab disapa BB, dapat membawa perubahan bagi PWI Sumbar ke depan.

Baca Juga: Ninik Rahayu Terpilih Ketua Dewan Pers Gantikan Almarhum Azyumardi

“Kita melihat proses dan dinamika yang berjalan di Sumbar, mulai dari konferensi provinsi hingga pelantikan saat ini. Memang ada jeda waktu enam bulan, namun semua bisa kembali bersama pada hari ini,” kata Atal.

Ketua Umum PWI Pusat, mengatakan, setelah dilantik Basril Basyar sebagai Ketua PWI Sumbar serta pengurus lainnya, agar dapat bersatu kembali.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar mengibarkan pataka PWI pada pelantikan yang digelar di Hotel Truntum Kota Padang, Jumat (13/1/2023). (F. dok pwi pusat)

“Mari bersama-sama kembali bangun PWI agar tetap berjaya. Adanya riak dan berbeda pandangan dalam organisasi itu hal biasa,” kata Atal.

BACA JUGA:   Kasal Laksamana M Ali Pamitan Sebagai Mantan Pangkogabwilhan 1

Atal mengatakan, Sumbar merupakan gudangnya wartawan dan setiap persoalan di sini tentu dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat sebai-baiknya. “Kita ingin PWI Sumbar ini bekerja dan berkarya lebih baik ke depan,” kata Atal.

Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat, Fachry Mohamad, mengatakan, semua proses terkait Konferensi Provinsi PWI Sumbar dan hasil pemilihan yang dilakukan seluruh anggota biasa PWI, dari 19 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat pada Juli 2022 lalu sudah selesai.

“Secara lembaga hasil pemilihan Calon Ketua PWI Sumatera Barat juga sudah ada dan telah diputuskan melalui rapat pengurus lengkap PWI Pusat,” kata Fachry.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, mengucapkan terima kasih semua pihak yang berupaya membawa PWI Sumbar lebih baik untuk masa mendatang.

BACA JUGA:   Survei PSI: Publik Puas Kinerja Polri Bongkar Kasus Brigadir J

“Kemarin ada riak itu biasa dalam organisasi, semua itu ada hikmahnya. Biduak lalu kiambang batauik. Mari kita bersama-sama membangun PWI lebih baik lagi. Yang lalu biarlah berlalu, mari kita bersama-sama menatap ke depan,” ujar Basril.

Pemred Mingguan Rakyat Sumbar ini, mengatakan, akan berupaya membuat PWI lebih banyak lagi berkarya dan berperan dalam pembangunan daerah.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus dan meminta PWI Sumbar mampu mengajak wartawan di Sumbar menjalankan kode etik jurnalistik.

Baca Juga: PWI Seleksi 724 Karya Berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022

“Kita juga meminta agar wartawan dapat terlibat membantu pemerintahan dalam melakukan pembangunan ke depan,” kata dia.

Pelantikan Pengurus PWI Sumbar itu dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi; Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Fachry Mohamad; Ketua Bidang Organisasi, Zulkifli Gani Ottoh; dan Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Oktafriadi serta mantan Plt Ketua PWI, Suprapto.

BACA JUGA:   All New Honda CR-V Hadir di Batam, SUV Premium Teknologi Hybrid

Selain itu hadir Ketua PWI Riau, Ketua PWI Sumut, Ketua PWI kabupaten/ kota se-Sumbar, serta puluhan wartawan di Sumatera Barat.

Basril Basyar terpilih sebagai Ketua PWI Sumbar periode 2022-2027, setelah meraih suara terbanyak pada pemungutan suara pada Konferensi Provinsi (Konferprov) XII yang dilaksanakan 23 Juli 2022 di Aula Kantor Gubernur Sumbar.

Basril berhasil mengalahkan perolehan suara petahana Heranof Firdaus. Dari 179 orang anggota PWI menyalurkan hak suara, Basril Basyar berhasil mendulang 123 suara, sedang Heranof meraih 51 suara, dan lima suara dinyatakan hangus.

Sementara itu, Zul Effendi terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) dengan perolehan suara 104. Tiga calon lainnya yakni Zulnadi 29 suara, Gusfen Khairul 32 suara, M Khudri tiga suara, serta sembilan suara dinyatakan hangus. (hen)