PWI Seleksi 724 Karya Berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti dengan latar belakang piala anugerah Adinegoro. (F. dok pwi pusat)

JAKARTA (Kepri.co.id) – Proses pendaftaran dan penjurian ajang bergengsi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, telah berakhir.

Sebanyak 724 karya yang masuk panitia sejak dibuka 14 Oktober lalu, hingga batas waktu penutupan 30 November 2022 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: PWI Pusat Anugerahi Bupati/ Walikota Inovatif Swasembada

Proses penjurian final berlangsung selama bulan Desember 2022 secara hybrid (daring dan luring), dari sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta.

Tahun ini, kategori yang diperlombakan ditambah liputan berkedalaman untuk video di media sosial. Enam kategori lainnya seperti biasa, yaitu liputan berkedalaman untuk media cetak; liputan berkedalaman untuk media siber.

BACA JUGA:   Demokrat Bersama NasDem serta PKS Buka Puasa Bersama
Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti. (F. dok pwi pusat)

Kemudian liputan berkedalaman untuk media televisi; liputan berkedalaman untuk media radio; foto berita untuk media cetak dan media siber; serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Adapun komposisi jumlah pendaftar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 dengan rincian 34 persen adalah karya media siber, lima persen radio, 17 persen media cetak, 13 persen media televisi, 14 persen karikatur opini, delapan persen foto jurnalistik, dan sembilan persen karya jurnalistik video.

Karya-karya yang masuk tersebut, telah melewati proses seleksi berdasarkan kelengkapan administrasi. Selanjutnya, masuk ke tahap penjurian oleh dewan juri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

BACA JUGA:   BNSP-GM Energi Baru Sayap Kemenangan Ganjar-Mahfud

Baca Juga: Siwo PWI Kepri Peringkat Ketujuh Porwanas, Tertinggi Selama Mengikuti Porwanas

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Rita Sri Hastuti, melihat ada peningkatan jumlah karya jurnalistik yang diperlombakan tahun ini, dibandingkan awal-awal pandemi Covid-19.

“Awal pandemi tahun 2020 sempat drop hingga 583 pendaftar,” kata Rita.

Rita menambahkan, dewan juri masing-masing kategori telah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik. Betapa tidak, bebernya, karya-karya yang menang ini diseleksi melalui proses penilaian yang terbilang detail.

BACA JUGA:   Medco Power dan Telkom Group Kembangkan Bisnis Hyperscale Data Center di Batam

“Dengan perdebatan yang seru di antara masing-masing juri,” ujar Rita.

Panitia menyediakan hadiah Rp30 juta untuk pemenang tiap kategori, trofi, serta piagam penghargaan dari PWI/ Panitia HPN 2023.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, akan diserahkan kepada para pemenang di depan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bertepatan acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023 di Medan, Sumatera Utara. (asa)