BP Batam Pastikan RSBP Tetap Layani Pasien BPJS Kesehatan

Karyawati BP Batam menerima pasien rujukan BPJS Kesehatan, Jumat (7/2/2025). (Sumber bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait membantah kabar yang menyebutkan, Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam tidak lagi melayani pasien berstatus BPJS.

Pihaknya memastikan RSBP Batam akan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien, termasuk pasien dengan status pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan maupun Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Ambil Obat di RSBP Tak Perlu Antre, Pakai GrabExpress Diantar ke Rumah

“Kami sangat menyayangkan isu ini bisa berkembang. RSBP Batam sampai saat ini, tetap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan masih menjadi rumah sakit rujukan,” ujar Ariastuty, Jumat (7/2/2025).

Ia mengungkapkan, pasien berstatus BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan masih mendominasi dari total keseluruhan kunjungan ke RSBP sepanjang tahun 2024.

Baca Juga: BP Tingkatkan Manajemen dan Tata Kelola Rumah Sakit BP Batam

Dengan rincian Poliklinik Rawat Jalan 76,35 persen; Rawat Inap 85,39 persen, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 76,75 persen.

“Setiap orang, tanpa terkecuali, berhak memperoleh layanan medis yang memadai. Ini yang menjadi komitmen BP Batam. Jadi, tidak benar adanya jika transisi pengelola RSBP mengganggu pelayanan,” tambahnya.

Baca Juga: RSBP Batam Mantap Menuju KEK Kesehatan

Ariastuty juga menerangkan, BP Batam telah bekerja sama dengan Mayapada Healthcare dan Apollo Hospitals India untuk pengelolaan RSBP ke depan.

Kerja sama ini tak terlepas dari keputusan pemerintah pusat, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2024 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan Kesehatan Internasional Batam, dengan tujuan mempercepat pembangunan ekonomi nasional, khususnya di wilayah Batam.

Baca Juga: 96,07 Persen Penduduk Batam Terdaftar Peserta BPJS Kesehatan

“Walaupun nantinya akan dioperasikan oleh Mayapada, tapi pelayanan tetap sama seperti sebelumnya. Sama halnya dengan bandara dan pelabuhan, kerja sama yang kami lakukan didasari dengan komitmen, agar pelayanan untuk masyarakat semakin lebih baik,” jelas Ariastuty. (hen)