RSBP Batam Mantap Menuju KEK Kesehatan

Manajemen RSBP Batam menunjukkan penghargaan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan Quality Rate Tertinggi Bridging System Antrian Triwulan I tahun 2022 di Sahid Hotel, Rabu (13/4/2022). (F. dok humas bb batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, makin mantap menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

Itu dibuktikan RSBP Batam, menerima penghargaan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan Quality Rate Tertinggi Bridging System Antrian Triwulan I tahun 2022.

Penghargaan tersebut, diberikan BPJS Kesehatan cabang Batam di Sahid Hotel, Rabu (13/4/2022).

RSBP Bstam saat menerima penghargaan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan Quality Rate Tertinggi Bridging System Antrian Triwulan I tahun 2022 di Sahid Hotel, Rabu (13/4/2022). (F. dok humas bp batam)

“Kami bersyukur atas apresiasi yang diberikan kepada RSBP Batam. Kami sangat terbuka menerima masukan dari mitra dan stakeholder, agar pelayanan semakin baik kepada masyarakat,” kata Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSBP Batam, dr Muhammad Yanto usai menerima penghargaan.

RSBP Batam tengah melakukan pengembangan fasilitas kesehatan dalam rangka menyambut KEK Kesehatan di Sekupang.

BACA JUGA:   Kecanduan Gadget Mempengaruhi Anak Autis

Terbaru, RSBP Batam meresmikan lima layanan kesehatan terkini. Antara lain, Studi Elektrofisiologi dan Ablasi Jantung untuk mengatasi intervensi aritmia pada jantung, Endourologi, Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) dan Retrogade Intra Renal Surgery (RIRS) untuk menghancurkan batu ginjal pada saluran kemih, Mammograpy untuk pemindaian kelenjar payudara pada penderita kanker payudara, dan Paviliun Alamanda di Klinik Kesehatan Jiwa.

Adapun penghargaan yang diberikan BPJS Kesehatan, terkait kinerja RSBP Batam dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), melalui penerapan bridging system.

Hal itu sesuai amanat Kepala BP Batam, Muhammad Rudi untuk dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

RSBP Batam menyiapkan peralatan canggih, menuju pelayanan KEK Kesehatan. (F. asa)

Bridging system merupakan fasilitas teknologi atau web service antara sistem informasi manajemen (SIM) BPJS Kesehatan dan SIM Rumah Sakit.

BACA JUGA:   Kasus Pemilik Toko Bela Diri Tikam Pencuri hingga Tewas Dihentikan

SIMRS RSBP Batam sudah terbridging dengan mobile JKN BPJS Kesehatan. Disebutkan, banyak pasien yang mendaftar secara online melalui aplikasi JKN untuk layanan kesehatan.

Pendaftaran online lebih diuntungkan, karena waktu layanan lebih singkat. Pasien sudah mendapatkan nomor antrean lebih awal, hingga pasien dapat melihat antrean berlangsung.

“Dibuktikan dengan mendapatkan penghargaan dari BPJS, kualitas layanan ini akan kami tingkatkan. RSBP akan mendigitalisasi semua layanan mulai dari pendaftaran, poliklinik, laboratorium, dan radiologi sehingga semua layanan dapat cepat dan akurat,” pungkasnya.

Adapun penghargaan lain juga diberikan kepada RS Camatha Sahidya dengan FKRTL Rekrutmen PRB terbaik tahun 2021, RS Harapan Bunda dengan FKRTL Rekrutmen PRB terbanyak tahun 2021, dan RS Awal Bros Batam dengan FKRTL dengan pemanfaatan tertinggi bridging system antrian mobile JKN triwulan I.

BACA JUGA:   Penyesuaian Tarif Pass Penumpang Internasional jadi Rp100.000 Resmi Diberlakukan

Sehari sebelumnya, Selasa (12/4/2022), RSBP Batam menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Kota Batam, serta sejumlah dinas terkait lainnya.

Kunjungan tersebut, bertujuan untuk studi implementasi layanan SIMRS RSBP Batam secara komprehensif. (asa)