Terima Aspirasi Bupati dan DPRD Lingga, Cen Sui Lan Desak Menhub Buka Roro Mini ke Senayang

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyampaikan aspirasi roro mini untuk Senayang, Lingga saat rapat dengan pendapat dengan Menhub Budi Karya Sumadi, Kamis (24/11/2022). (F. istimewa)

JAKARTA (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menerima aspirasi dari Bupati dan DPRD Lingga, meminta supaya ada roll on roll off (roro) mini sebagai transportasi orang dan barang antarpulau serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Aspirasi yang diterima Cen Sui Lan ini, diteruskan dengan mendesak Menteri Perhubungan (Menhub) RI membuka akses transportasi laut roro mini ke Senayang, Kabupaten Lingga. Perjuangan Cen Sui Lan ini merupakan bentuk responsnya terhadap aspirasi Bupati dan DPRD Lingga.

Baca Juga: Ingin Tuntas Serius, Cen Sui Lan Gelontorkan Rp10,5 Miliar Pengentasan Miskin Ekstrem di Lingga

Selain kebijakan subsidi penerbangan perintis rute Tanjungpinang-Tambelan, Cen Sui Lan juga mendorong Menhub memikirkan konektivitas kepentingan ekonomi warga di Kabupaten Lingga. Terutama jalur antarpulau di Kecamatan Senayang.

BACA JUGA:   PH Purajaya Minta Majelis Hakim Hadirkan Prinsipal Kepala BP Batam

“Dari desa ke desa harus melewati laut. Mohon Pak Menteri dibuka untuk Lingga, pelayaran roro mini. Tolong dipikirkan,” kata Cen Sui Lan saat raker dengan Menhub Budi Karya Sumadi, Kamis (24/11/2022).

Suasana rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Menhub Budi Karya Sumadi (dua kiri), Kamis (24/11/2022). Dalam kesempatan RDP ini, Cen Sui Lan agar mengadakan roro mini sebagai moda antarpulau di Senayang-Lingga dari sisa lebih pemakaian anggaran 2022. (F. dok csl)

Moda transportasi tadi penting bagi koneksi arus penumpang dan barang di Lingga, terutama kawasan gugusan pulau di Kecamatan Senayang. Permintaan Cen Sui Lan kepada Menhub ini, sebagai tindak lanjut aspirasi Bupati Lingga Muhammad Nizar, awal November 2022 lalu. Saat itu, M Nizar datang ke Batam menemui Cen Sui Lan yang sedang menjalani reses masa persidangan.

BACA JUGA:   Ansar dan Aunur Serahkan Bantuan Beras Pemerintah

Pada saat bertemu Cen Sui Lan, Bupati Lingga M Nizar menyampaikan, kebutuhan akan pengadaan roro mini di gugusan di Kecamatan Senayang.

Baca Juga: Cen Sui Lan Mohon Maaf, Terpaksa Alihkan Anggaran Jalan Batam ke Lingga

“Makanya saya minta diprioritaskan pada tahun anggaran 2023, menggunakan sisa anggaran hasil pelelangan tahun anggaran 2022 untuk pengadaan roro mini itu,” sebut Cen Sui Lan yang juga anggota Dewan Kehormatan PSMTI Kepri ini.

Selain M Nizar, dua anggota DPRD Lingga yaitu Sui Hiok dan Iwan Kurniawan juga meminta Cen Sui Lan memperjuangkan pengadaan roro mini di gugusan pulau di Kecamatan Senayang, Lingga. Moda penyeberangan tadi diperlukan, demi mendongkrak perekonomian setempat. Khususnya memperlancar arus barang dan jasa, juga penumpang antarpulau.

BACA JUGA:   Polda Bekuk Tiga Pelaku Curanmor dengan Senpi Rakitan

“Itu aspirasi Bupati dan DPRD Lingga. Dengan pengadaan roro mini, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Lingga,” jelas Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat IKA Lemhanas Kepri ini. (hen)