Batam  

Jadikan Batam Kota Indah dan Nyaman Dikunjungi

Warga Batam mencoba jalur sepeda yang baru diresmikan di Batam Center, Sabtu (29/10/2022). (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi meresmikan lajur pejalan kaki dan sepeda di kawasan Batam Center, Sabtu (29/10/2022).

Peresmian ditandai pemotongan pita, di lajur pejalan kaki bundaran Kantor BP Batam.

Baca Juga: BP Batam Tanam 100 Pohon Endemik dan 51 Pohon Lokal

Rudi, mengatakan, dibangunnya lajur pejalan kaki dan sepeda merupakan langkah pihaknya dalam menata kota dan peningkatan fasilitas bagi masyarakat Batam yang ingin berolah raga yang aman dan nyaman.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi (dua kanan) bersama pegawai BP Batam lainnya berjalan kaki di jalur pedestrian Batam Center, Sabtu (29/10/2022). (F. dok humas bp batam)

“Pembangunan lajur pejalan kaki dan sepeda ini, sebagai upaya menata Batam agar lebih indah dan menjadi tempat yang nyaman dikunjungi,” kata Rudi.

BACA JUGA:   Irjen Tabana Serahkan Pataka Polda Kepri ke Brigjen Yan

Disebutkan juga, pengerjaan fasilitas tersebut mempertimbangkan sistem drainase yang baik.

“Lajur pejalan kaki ini dibangun tidak rata, untuk menghindari genangan air dan banjir di kawasan Batam Center,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia berpesan agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga serta merawat fasilitas yang sudah dibangun, agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: BP Batam dan Jepang Lakukan Upaya Penyehatan Daerah Tangkapan Air Batam

“Fasilitas yang sudah dibangun ini, wajib kita jaga dan rawat bersama, agar dapat terus digunakan hingga generasi penerus kita nantinya,” harapnya.

BACA JUGA:   Indonesia Kerahkan Dua KRI Latgab ASEAN Natuna 2023

Lajur pejalan kaki dan sepeda tersebut, dibangun BP Batam lebih kurang sepanjang 2,7 km dengan lebar lajur pejalan kaki 4 m.

Lajur ini juga dilengkapi taman rumput, pohon tabebuya, tempat duduk, dan lampu penerangan.

Sementara, Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, menyampaikan, fasilitas tersebut salah satu upaya membudayakan hidup sehat di tengah masyarakat.

Menurutnya, istilah Bike to Work tengah populer sejalan dengan pembangunan Batam tengah maju dan pesat.

BACA JUGA:   Rudi Tarawih Perdana Boyong Perangkat Pemko Batam

“Tentunya gerakan ini perlu didukung. Salah satunya menyediakan fasilitas lajur khusus di jalan raya, untuk dapat digunakan para pesepeda, agar aman dan nyaman saat berkendara,” kata Purwiyanto.

Mengangkat tema “BP Batam Green Movement”, peresmian diawali senam bersama para pegawai BP Batam dan penanaman tiga batang pohon sikas.

Kemudian, dilanjutkan jalan santai di sepanjang lajur pejalan kaki (pedestrian) kawasan Batam Center.

Ada pemandangan menarik selama jalan santai. Kepala BP Batam menyapa ramah semua masyarakat yang ditemui serta berfoto bersama. (hen)