Murid SMPN 6 Batam Termehek-Mehek, Larut dalam Perpisahan Orang yang Berjasa

Ita, guru wali kelas SMP Negeri 6 Batam mengalungkan medali perpisahan sekolah pada muridnya yang digelar di Harmoni One Hotel and Convention Centre, Senin (29/5/2023). (F. dok smp negeri 6 batam)

BATAM (Kepri.co.id) – SMP Negeri 6 Batam melepas perpisahan murid kelas IX angkatan 31 di Harmoni One Hotel and Convention Centre, Senin (29/5/2023).

Ada pemandangan mengharukan dalam perpisahan 351 murid kelas IX, yang telah mengantarkan mereka tiga tahun menimba ilmu dalam kebersamaan suka dan duka.

Saat salam perpisahan murid kelas IX dengan semua guru disusun memanjang, banyak murid yang termehek-mehek meneteskan air mata khususnya murid perempuan usai menyalami para guru.

Murid kelas IX angkatan 31 SMP Negeri 6 Batam, menyalami Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Batam, Wagiyem SPd MM dalam acara perpisahan sekolah di Harmoni One Hotel and Convention Centre, Senin (29/5/2023) (F. dok smp negeri 6 Batam).

Bahkan, sejumlah murid memeluk gurunya sambil menangis haru. “Jangan difoto Bang, malu. Sedih hati ini bercampur haru,” ujar seorang murid menutup muka sambil menyeka air mata.

Ditanya apa yang membuatnya sedih. Dikatakan murid itu, lirik dan musik lagu “Terima Kasih Guruku” yang mengiringi di acara salam perpisahan itu, yang membuatnya larut dalam suasana kebatinan mendalam.

BACA JUGA:   Jamselinas XII, Peserta Mancanegara dan Sepeda Brompton Terbanyak

“Bagaimana Bang ya, nggak bisa diceritakan. Teringat jasa guru yang membimbing kita, teringat tingkah laku waktu belajar. Semua campur aduk. Semoga Tuhan membalas jasa mereka,” kata murid lainnya.

Ketua Panitia Perpisahan Kelas IX Angkatan 31 SMP Negeri 6 Batam, Mulyadi Nasution, mengatakan, sengaja membuat perpisahan ini spesial untuk membanggakan orang tua dan murid, yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Banyak suka dan duka dialami murid angkatan 31 ini. Mereka belajar online saat pandemi Covid-19. Alhamdulillah, Covid-19 telah berlalu dan komite sekolah berinisiatif, memberikan apresiasi bagi murid dan guru,” ujar Mulyadi, pemegang sabuk hitam Tae Kwon Do ini.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan Kurban di Batam, Anambas, dan Jakarta

Beberapa murid menampilkan performance terbaik, yang pernah diraih SMP Negeri 6 mewakili Batam diajang kompetisi.

Seperti penampilan regu pramuka, mereka merupakan persiapan lomba tingkat penggalang secara nasional di Cibubur mewakili Provinsi Kepri.

Penampilan regu pramuka SMP Negeri 6, pada perpisahan sekolah yang digelar di Harmoni One Hotel and Convention Centre, Senin (29/5)2023). (F. dok smp negeri 6 Batam)

Ada penampilan pantomim, penari persembahan, lomba kreativitas diiringi lagu, group band OSIS SMP Negeri 6, tari daerah, dan lainnya.

“Alhamdulillah, penampilan murid-murid SMP Negei 6 sangat luar biasa. Penampilan mereka seolah anak-anak dewasa yang profesional. Saya bangga menyekolahkan anak saya di SMP 6,” ujar Susi, salah seorang wali murid mendampingi perpisahan anaknya.

Kepala SMP Negeri 6, Wagiyem SPd MM, memberikan wejangan kepada murid yang akan melanjutkan pendidikan, agar terus semangat dan bersungguh-sungguh menuntut ilmu.

BACA JUGA:   Nakhodai DMDI Kepri, Rudi Siap Angkat Derajat Melayu

“Sehingga, apa yang dicita-citakan membanggakan diri sendiri dan mempersembahkan yang terbaik untuk orang tua, yang telah bersusah payah mendidik dan membiayai sekolah,” pesannya.

Dalam perpisahan SMP Negeri 6 ini, turut hadir Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Raja Syamsul Bahari SKom selaku Lurah Sungaipanas, Ketua Komite SMP Negeri 6 Raf Mustika, pengawas sekolah Dinas Pendidikan Kota Batam, dan seluruh orang tua alumni angkatan 31 SMP Negeri 6. (asa)