Sumut  

Bupati Paluta Lantik 115 Kades, Minta Hati-Hati Gunakan Anggaran Desa

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi memberikan ucapan selamat kepada kepala desa yang baru dilantik dan diambil sumpahnya di Halaman Kantor Bupati Paluta, Selasa (27/12/2022).

PALUTA (Kepri.co.id) – Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi melantik 115 kepala desa (kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Paluta, Selasa (27/12/2022).

Bupati dalam amanatnya, menasihati Kades yang mengemban masa jabatan 2023-2028 ini, agar berhati-hati dan terbuka menggunakan anggaran desa yang sudah mencapai lebih kurang Rp1 miliar per tahun.

Baca Juga: Camat Padang Bolak Julu Ingatkan Para Cakades Tanpa Mahar

“Gunakan anggaran yang ada sesuai kebutuhan masyarakat. Selalu bicarakan dengan tokoh masyarakat dan ulama terkait rencana pembangunan desa. Anggarkan segala rencana saat mengelola laporan awal kegiatan. Sehingga, tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat,” pesan Bupati.

BACA JUGA:   Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan, Setdakab dan OPD Pemkab Paluta Defile Pakaian Adat

Itu sebabnya, Bupati meminta agar jabatan dijadikan amanah yang harus dipertanggungjawabkan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, institusi, dan yang lebih lagi bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. “Jadikan jabatan ini bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, khususnya institusi,” ujar Bupati.

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi bersama Forkopinda Pemkab Paluta, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Paluta foto bersama dengan 115 kades yang baru dilantik dan diambil sumpahnya di Halaman Kantor Bupati Paluta, Selasa (27/12/2022).

Tak lupa, Bupati mengucapkan selamat kepada kepala desa terpilih yang baru saja dilantik, dapat menjalankan amanah dengan baik, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab guna meningkatkan kinerja program-program kerja ke depan. “Berikan pengabdian terbaik bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” motivasi Bupati.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Paluta, Yusuf MD Hasibuan, menyebutkan, pelantikan 115 kades terpilih hasil pilkades serentak 2022 berdasarkan Keputusan Bupati Paluta Nomor: 141/295/K/2022 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paluta dan Keputusan Bupati Paluta Nomor: 141/300/K/2022 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Antar Waktu Desa Bangkudu Kecamatan Portibi, Kabupaten Paluta.

BACA JUGA:   Aneka Lomba Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda Paluta

Baca Juga: Semoga Kades Terpilih Amanah, Pilkades di Desa Padang Bujur Aman dan Kondusif

Di momen pelantikan ini, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Paluta beserta Desa Bengkudu dan Besa Batang Pane II, memperoleh penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dalam kategori kabupaten/ kota dan pemerintahan dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara.

BACA JUGA:   Kahanggi, Mora, dan Anak Boru Perantauan Parsarmaan Kurban 4 Ekor Sapi dan 3 Kambing
Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi menandatangani berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah 115 kepala desa yang dilantik dan diambil sumpahnya di Halaman Kantor Bupati Paluta, Selasa (27/12/2022).

Hadir dalam pelantikan ini Wakil Bupati Paluta, H Hariro Harahap SE MSi; Ketua DPRD Kabupaten Paluta, Mukhlis Harahap SHi MSi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Paluta, Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan SSTP MM, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Paluta.

Baca Juga: Imran Sanusi Siregar Menang Telak Pilkades Desa Paran Gadung

Kemudian Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Paluta, Kabag, Camat se-Kabupaten Paluta, Kakan Kemenag, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Kepemudaan, dan Kemasyarakatan, Ketua TP PKK Kabupaten Paluta, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ibu-ibu Bhayangkari, Ibu-ibu Persit, Ibu-ibu GIAD, Ibu-ibu IAD Kabupaten Paluta, dan tamu undangan lainnya. (roji)