Cen Sui Lan Gelontorkan Dana Aspirasi Rp500 Juta, Bangun Desa Wisata Telok Buton

F. dok csl

NATUNA (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menggelontorkan Rp500 juta membangun desa wisata Telok Buton, Natuna.

Dana aspirasi Rp500 juta tahun anggaran 2022 ini, peruntukannya membangun jalan dan homestay sebagai fasilitas desa wisata.

Baca Juga: Cen Sui Lan “Cium” Anggaran Aneh di BMKG, Minta Anggaran Radar MS-2 di Natuna Jangan Diganggu

Program dari aspirasi Cen Sui Lan untuk pengembangan desa wisata di Desa Telok Buton tersebut, merupakan wujud kehadiran Negara Indonesia, memperkuat ketahanan bangsa di daerah perbatasan.

BACA JUGA:   Turnamen Futsal U-12 Marbella Cup II Ditutup, Tuan Rumah Ditundukkan Runner Up
Masyarakat membangun homestay di Desa Wisata Telok Buton Natuna, dari dana aspirasi Cen Sui Lan Rp500 juta. (F. dok csl)

Sebab, Kabupaten Natuna di Provinsi Kepri ini berbatasan dengan negara tetangga (Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan lainnya).

“Untuk tahun anggaran 2022 ini, saya menempatkan dana aspirasi Rp500 juta mengembangkan Desa Teluk Buton, di Natuna. Program pembangunan jalan dan homestay ini, sebagai upaya mewujudkan desa destinasi wisata,” ujar Cen Sui Lan kepada wartawan di Bandara Hang Nadim Batam, Ahad (25/9/2022).

Baca Juga: Pakai Kapal Produksi Batam, Cen Sui Lan dan Dirjen Hubdat Luncurkan Roro Rute Tanjungpinang-Natuna

BACA JUGA:   Ingin Cepat Dibangun, Rudi Undang Forkopimda Bahas Pengembangan Kawasan Rempang

Anggota DPRD Provinsi Kepri, Hadi Candra, selaku koordinator program-program aspirasi Cen Sui Lan untuk Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas, menyampaikan, kegiatan sudah berjalan.

Pembangunan jalan untuk desa wisata di Telok Buton berada di pantai. Di lokasi wisata rakyat itu, dibangun jalan semenisasi. Sehingga, akan mempermudah akses transportasi pengunjung ke pantai. Kemudian, di pantai Desa Telok Buton juga dibangun homestay atau rumah singgah.

Baca Juga: Bandara Ranai Masih Nyatu Fungsi Komersil dan Pertahanan, Cen Sui Lan Desak Menhub Buat Pemisahan

BACA JUGA:   Bintan Triathlon Diikuti 500 Peserta dari 35 Negara

Homestay yang dibangun di tepi kawasan wisata mangrove ini, akan disewakan kepada pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana wisata pantai di Telok Buton. Sehingga, desa akan mendapat pemasukan.

Kemudian, wisata pantai Desa Telok Buton juga semakin berkembang. Tentunya, akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Pengerjaan pembangunan jalan dan homestay ini, dilaksanakan masyarakat setempat. Selain mengembangkan desa wisata, program ini memberikan peluang kerja bagi masyarakat setempat,” ujar Hadi Candra. (hen)