Batam  

Pemuda Pancasila Batam Jaring Balon Ketua, Minimal Didukung Empat Suara

Rapat Panitia Muscab VII Pemuda Pancasila di Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, Rabu (8/2/2023) lalu. (F. dok mpc pemuda pancasila)

BATAM (Kepri.co.id) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Batam, tengah mencari bakal calon (balon) ketua untuk periode 2023-2027.

Penjaringan balon ketua ini, untuk dipilih pada Musyawarah Cabang (Muscab) VII MPC Pemuda Pancasila Kota Batam pada 11 Maret 2023 mendatang di Hotel Planet Holiday Batam.

Baca Juga: Darwin Minta Panitia Jalankan Tugas Penuh Tanggung Jawab

“Pendaftaran ini terbuka bagi kader Pemuda Pancasila di Kota Batam, khususnya yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) kaderisasi,” ujar Ketua Steering Committee Muscab VII MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, Adfenfry Manik di Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, Kamis (23/2/2023).

BACA JUGA:   Kobarkan Semangat dan Raih Prestasi, Ansar Lepas Atlet Kepri Ikuti Fornas di Bandung

Pendaftaran, kata Manik, sudah berlangsung sejak 9 Februari 2023 lalu dan ditutup nanti 4 Maret 2023 pukul 17.00 WIB, dengan melampirkan semua berkas yang diminta.

f. dok mpc pemuda pancasila

“Segala persyaratan bisa ditanyakan ke Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, alamatnya ruko seberang Polsek Lubuk Baja dari Senin sampai Jumat pukul 10.00 sampai 17.00 WIB,” ungkap Manik.

Salah satu persyaratan utama bisa maju balon Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, lanjut Manik, harus mendapatkan dukungan minimal 2/3 dari pemegang hak pilih atau sempat suara dari 12 PAC Pemuda Pancasila se-Kota Batam.

BACA JUGA:   Cak Nur Minta Ketua Pengadilan Negeri yang Baru Dilantik, Layani Masyarakat dengan Adil

“Kalau persyaratan lainnya normatif. Seperti bertakwa, warga negara Indonesia,
memiliki kartu tanda anggota, menyatakan pengunduran diri dari rangkap jabatan, dan lainnya semua bisa ditanyakan di Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kota Batam,” tegas Manik, pria berambut gondrong ini.

Sejauh ini, kata Manik, belum ada yang mendaftar balon Ketua. “Orang Indonesia tipikalnya kan begitu. Biasanya, jelang akhir-akhir pendaftaran ditutup, baru sibuk,” ungkap Manik.

Baca Juga: Peran Pemuda Pancasila di Kepri Strategis di Hadapan Negara Perbatasan

Masih Manik, masa bakti MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, akan berakhir Mei 2023 mendatang. Namun, kata Manik, sesuai peraturan organisasi (PO) organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila, tiga bulan sebelum berakhir masa jabatan bisa melaksanakan muscab.

BACA JUGA:   Marga Zhang Teken Kerja Sama dengan Regency, Ada Diskon Khusus Ditangani Dokter Berkualitas

Hak suara Muscab VII MPC Pemuda Pancasila Kota Batam ada 14, yaitu 12 suara dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila tingkat kecamatan se-Kota Batam, satu suara dari MPC Pemuda Pancasila Kota Batam, dan satu suara dari Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Kepulauan Riau.

“SIapa pun ketua yang terpilih nanti, harus bisa membawa PP Kota Batam ke depan lebih baik lagi,” pungkas Manik. (hen)