Soerya Harapkan Sesama Sedulur Jatim Kedepankan Musyawarah Mufakat

Soerya Respationo bersalaman dengan Imam Tohari, usai seremoni pembukaan Mubes 2 Forkom Sejatim di Hotel PIH Batam Center, Minggu (20/11/2022). (F. asa)

BATAM (Kepri.co.id) – Tokoh Jawa di Kepri Soerya Respationo atau biasa disapa Ki Lurah, berharap suksesi Musyawarah Besar (Mubes) 2 Forum Komunikasi Sedulur Jawa Timur (Forkom Sejatim) dilaksanakan musyawarah mufakat.

Salah satu agenda penting dalam mubes tersebut, memilih Ketua Umum Forkom Sejatim Kota Batam untuk periode 2022-2026. Sebagian masyarakat Forkom Sejatim yang berafiliasi politik, memandang sukses pemilihan Ketua Umum Forkom Sejatim Kota Batam ini bernilai strategis pada pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Baca Juga: Terpilih Ketua Forkom Sejatim, Imam Tohari: Belum Bahas Program, Fokus Konsolidasi Dulu

BACA JUGA:   Hadiri Sertijab Kodim Batam, Cak Nur: Forkopimda Solid

“Kan seduluran, ya sesama sedulur harus akur. Kalau tak tercapai musyawarah mufakat, baru voting,” ujar Soerya Respationo, saat menghadiri Mubes 2 Forkom Sejatim di aula Hotel PIH Batam Center, Minggu (20/11/2022).

Sebagaimana diketahui, ada tiga kandidat yang bakal maju calon Ketua Umum Forkom Sejatim yaitu Imam Tohari, Bambang Yulianto, dan Samidin. Sementara itu, dari 38 kabupaten/ kota yang ada di Jawa Timur, dalam catatan panitia yang memiliki hak suara 33.

BACA JUGA:   Tersangka Tipikor Kembalikan Kerugian Keuangan Negara Rp500 Juta

Ketua Umum Forkom Sejatim Kota Batam yang sudah demisioner, Ikhwan Nasai menuturkan, kenapa hanya 33 suara berdasarkan enam bulan terakhir paguyuban warga Jawa Timur yang didata panitia.

“Ada paguyubannya ada, tapi tak aktif. Ada paguyuban tapi enam bulan sebelum pelaksanaan Mubes 2 Forkom Sejatim belum melapor ke panitia,” jelas Nasai yang juga Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam ini. (asa)