Dukung Food Estate Presiden Jokowi, Cen Sui Lan Resmikan Irigasi dari Dana Aspirasi Rp25 Miliar di Lingga

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri didampingi Kepala BWS Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Danil membuka pintu induk irigasi Panggak Darat, Kabupaten Lingga menandai peresmian irigasi ini, Selasa (16/5/2023). (F. dok csl)

LINGGA (Kepri.co.id) – Proyek lumbung pangan atau food estate yang tengah digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), didukung penuh Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar.

Proyek lumbung pangan ini, diterjemahkan Cen Sui Lan di daerah pemilihannya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melalui dana aspirasinya pembangunan irigasi senilai Rp25 miliar di Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepri.

Baca Juga: Kaget di Lingga Ada Miskin Ekstrem, Cen Sui Lan Gerak Cepat Atasi Pakai Dana Aspirasi

Cen Sui Lan didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Danil telah meresmikan irigasi ini, Selasa (16/5/2023).

“Pemanfaatan irigasi ini, diharapkan meningkatkan padi pertanian rakyat, meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi destinasi wisata baru di Lingga. Kita juga dukung kebijakan Presiden Jokowi,” ujar Cen Sui Lan kepada Kepri.co.id.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri didampingi Kepala BWS Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Danil, Anggota DPRD Lingga, Lingga Abdul Malik, dan Kades Panggak Darat meresmikan irigasi di Panggak Darat senilai Rp25 miliar, Selasa (16/5/2023). (F. dok csl)

Dengan beroperasinya irigasi ini, lanjut Cen Sui Lan, secara makro diharapkan meningkatkan ekonomi Lingga.

BACA JUGA:   Polri Angkat Bicara soal Pengacara Brigadir J, Tak Diizinkan Ikuti Rekonstruksi

“Efek samping adanya irigasi ini, ekonomi petani meningkat bisa bercocok tanam tanpa menunggu musim hujan lagi. Pariwisata diharapkan terdongkrak dengan hadirnya destinasi baru, kuliner, transportasi, dan penginapan juga hidup,” urai Cen Sui Lan.

Kawasan irigasi ini, ditata sebagai kawasan dengan estetika dan bisa sebagai destinasi wisata.

“Anggaran Rp25 miliar itu juga kita gunakan memperindah kawasan tersebut. Sehingga, menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Lingga,” jelas Cen Sui Lan yang juga Penasihat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Turut hadir dalam peresmian ini Anggota DPRD Kabupaten Lingga Sui Hiok dan Agus Marli. Kemudian Camat Lingga Abdul Malik, dan Kades Panggak Darat.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan dan 1.150 Bacaleg Golkar Lainnya, Ditugaskan Terjun ke Masyarakat

Sebenarnya, aku Cen Sui Lan, banyak program-program yang telah menjadi karya nyata dibawanya ke dapil Kepri dan yang akan dibawa lagi ke dapil Kepri ke depan.

Baca Juga: Terima Aspirasi Bupati dan DPRD Lingga, Cen Sui Lan Desak Menhub Buka Roro Mini ke Senayang

“Banyak yang sudah jadi dan dinikmati masyarakat yang kita perjuangkan untuk Kepri. Sekarang zaman digital, silakan dilihat rekam jejak digital yang telah kita perbuat di dapil Kepri. Untuk itu, kita mohon dukungan masyarakat Kepri,” ujar Cen Sui Lan, istri Raja Mustakim ini.

Cen Sui Lan, menjelaskan, program pembangunan irigasi ini merupakan usulan Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

Sebagai wakil rakyat di Senayan, aku Cen Sui Lan, untuk itulah dirinya hadir memperjuangkan dapil Kepri dengan
menindaklanjuti ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Mulyono sebagai mitra kerjanya di Komisi V DPR RI

BACA JUGA:   Aunur Rafiq Sambangi Open House Gubkepri Ansar

“Kita anggarkan dalan multi years contract (MYC) tahun anggaran 2022 dan 2023,” jelas Cen Sui Lan, Dewan Kehormatan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Kepri ini..

Tahun 2023 ini, proses pengerjaan fungsi estetika irigasi Panggak sebagai fungsi destinasi wisata, baru mulai dimulai pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sumatera Ditjen SDA Kementerian PUPR.

Selanjutnya, tahun anggaran 2024, Cen Sui Lan meminta Bupati Lingga, Muhammad Nizar, menyiapkan pascaprogram fisik agar bersama-sama membina masyarakat.

“Sehingga, fungsional sebagai irigasi dan fungsional sebagai destinasi wisata, bisa terwujud. Agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar kawasan tersebut,” harap Cen Sui Lan yang juga tokoh nasional Partai Golkar terpopuler tersebut. (asa)