Jawab Kebutuhan Masyarakat, RSBP Batam Upgrade Layanan Kesehatan

Direktur RSBP Batam, Afdhalun A Hakim menggunting pita menandai peresmian dua layanan kesehatan di Gedung RSBP Batam, Sekupang, Senin (13/6/2022). (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri co.id) – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam meresmikan dua layanan kesehatan di Gedung RSBP Batam, Sekupang, Senin (13/6/2022).

Layanan tersebut yakni Klinik Anak dan Instalasi Farmasi. Layanan kesehatan Klinik Anak saat ini ditingkatkan dengan ruangan yang lebih privasi, nyaman dan ramah bagi pasien anak. Ada ruang main anak dan stiker-stiker dinding bergambar kartun.

“Kami telah merenovasi ruang poliklinik lama menjadi ruang poli klinik anak yang representatif, khusus kita rancang ruangan yang nyaman dan ramah anak,” kata Direktur RSBP Batam, Afdhalun A Hakim usai meresmikan layanan.

Layanan kesehatan Klinik Anak RSBP Batam, saat ini ditingkatkan dengan ruangan yang lebih privasi, nyaman dan ramah bagi pasien anak, terhitung Senin (13/6/2022). (F. dok humas bp batam)

Disebutkannya, klinik anak dibuat khusus karena anak-anak rentan tertular penyakit bila disatukan dengan pasien dewasa. Sebelumnya, poliklinik anak berada satu ruangan dengan layananan kesehatan lainnya.

“Ruang poliklinik anak itu agak spesifik Sebaiknya tidak dicampur dengan orang dewasa, karena anak-anak ini sangat rentan dan bisa terjadi penularan,” ujarnya.

Baca Juga: Tiga Menteri Tinjau Progres KEK dan Kemajuan Batam

Sementara, layanan instalasi farmasi atau “depo obat” juga dibuat terpisah dari layanan regular (BPJS). Afdhalun menyebutkan, layanan ini hadir dengan memperhatikan kenyamanan bagi pasien umum dan pasien langganan.

“Layanan farmasi ini untuk memberikan obat bagi pasien umum dan langganan yang memang kita khususkan. Ini juga untuk memisahkan supaya jangan terlalu crowded (ramai), kalau kita menunggu di apotik yang regular,” sambungnya.

Baca Juga: RSBP Batam Mantap Menuju KEK Kesehatan

Dua layanan kesehatan itu, dijelaskan Afdhalun, sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat akan peningkatan mutu layanan kesehatan di RSBP Batam.

“Kami berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Komitmen BP Batam selalu peduli, masukan dari masyarakat dan pelanggan hingga kita selalu continue improvement, supaya trust masyarakat kepada RSBP Batam meningkat,” harapnya.

Direktur RSBP Batam, Afdhalun A Hakim. (F. dok humas bp batam)

Sebelumnya, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mengakui, pihaknya saat ini fokus pada rencana besar pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Kesehatan Internasional di Sekupang, dengan melakukan peningkatan layanan kesehatan di RSBP Batam.

Seperti mutu sumber daya manusia (SDM) dan peralatan kesehatan yang modern.

Serangkaian program dan pembangunan yang digesa, diharapkan dapat menjadi stimulasi bagi peningkatan ekonomi Batam yang semakin progresif dan perbaikan positif, di semua leading sektor. (asa)