Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Raih Penghargaan Dharma Karya ESDM Muda Tahun 2022

Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Sumbagut menerima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Muda Tahun 2022 di Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (F. dok skk migas)

JAKARTA (Kepri.co.id) – Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, menerima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Muda Tahun 2022 di Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Penghargaan ini diberikan kepada perseorangan/ kelompok/ institusi yang memberikan dampak kemajuan dalam pembangunan nasional, khususnya di sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Muda Tahun 2022, ini diberikan langsung oleh Menteri ESDM RI Arifin Tasrif.

Foto bersama para penerima Penghargaan Dharma Karya ESDM Muda Tahun 2022 di Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (F. dok skk migas)

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 237.K/KP.06/MEM.S/2022 tentang Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi Rikky Rahmat Firdaus dalam mengawal alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan dan alih operator WK Costal Plains and Pekanbaru (CPP) yang telah sukses beberapa waktu lalu dilaksanakan.

BACA JUGA:   Awal Tahun Masyarakat Batam Dapat "Kado" Listrik Mati

Rikky Rahmat Firdaus dinilai berhasil melaksanakan kegiatan Alih Kelola WK Rokan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (level produksi ±162.000 BOPD, produser terbesar ke-2 dari produksi nasional).

Rikky Rahmat Firdaus juga dinilai berhasil mengambil alih operator WK CPP dari BOB PT BSP – Pertamina Hulu ke PT Bumi Siak Pusako (Level produksi ± 8.300 BOPD) secara aman, kondusif, dan lancar di daerah Provinsi Riau.

Tidak hanya itu, beberapa inovasi juga dilakukan Rikky Rahmat Firdaus dalam menunjang kelancaran operasional hulu migas di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Di antaranya melaksanakan even yang menghadirkan empat gubernur, untuk membahas dan mensinergikan kegiatan hulu migas di wilayah Sumbagut, dalam wadah Northern Sumatra Forum.

BACA JUGA:   Perusahaan Pembiayaan ACC Salurkan CSR Tanam 1.000 Mangrove

Di bawah kepemimpinan Rikky, untuk lebih mengenal budaya dan kearifan lokal masyarakat di sekitar wilayah operasi, SKK Migas Sumbagut menerbitkan buku: ‘Dinamika Masyarakat di Sekitar Hulu Migas: Studi Etnografi di Wilayah Sumatera Bagian Utara”.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Menteri ESDM RI.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan merupakan pemicu semangat mengawal produksi migas nasional, khususnya di wilayah Sumbagut yang berkontibusi ± 32,2 persen produksi nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih atas support dari keluarga besar pekerja Perwakilan SKK Migas Sumbagut, dan juga pejuang 1 juta barel KKKS Wilayah Sumbagut yang selama ini bersama-sama bekerja keras, untuk kelancaran operasional dan mengawal target nasional,” ujar Rikky Rahmat Firdaus.

Untuk Wilayah Sumbagut, jumlah target pengeboran sumur tahun 2021 mencapai 303 sumur. Sementara itu, tahun 2022 meningkat pesat menjadi 580 sumur atau sekitar 60 persen dari target 890 sumur pengeboran nasional.

BACA JUGA:   Kapolri Instruksikan Kapolda Pastikan Minyak Goreng Tersedia di Pasar Tradisional dan Modern

Dengan peningkatan hampir 100 persen dari tahun 2021, SKK Migas Sumbagut hadir mendukung tercapainya target pengeboran tersebut dengan cara berkoordinasi dengan stakeholder daerah, guna mendapatkan dukungan membantu proses kelancaran perizinan dan masifnya kegiatan penyiapan pengadaan lahan di daerah.

Penyerahan penghargaan, ini merupakan pelaksanaan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 Tahun 2008 tentang Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pemilihan ini diseleksi tim penilai yang bertugas menggali inovasi/ gagasan/ jasa tiap peserta. Untuk selanjutnya, dilakukan penilaian tingkat jenis penghargaan Dharma Karya ESDM.

Penghargaan Dharma Karya Muda adalah berjasa di sektor ESDM dan jasanya bersifat sektoral.

Terdapat 33 perseorangan/ kelompok/institusi mendapat penghargaan Dharma Karya ESDM tahun 2022. (hen)