Lingga  

Kades Sungai Harapan Ajak Warga Tanam Cabe dan Sayuran

Seorang petani cabe dan sayuran di Desa Sungai Harapan, Kecamatan Singkep Barat, Lingga menyiangi pematang lahan pertanian, Selasa (31/1/2023). (F istimewa)

LINGGA (Kepri.co.id) – Kepala Desa (Kades) Sungai Harapan, Kecamatan Singkep Barat, Malisi, mengajak warganya menanam cabe dan sayur-sayuran di pekarangan rumah. Ajakan ini, untuk meningkatkan perekonomian keluarga di tengah masih terasa dampak Covid-19, sekaligus untuk ketahanan pangan konsumsi ramah tangga.

“Kami sudah melakukan penanaman tanaman palawija di lahan kurang lebih setengah hektare, berupa cabe dan sayur-sayuran. Tanaman jenis ini, apabila siap panen bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau dijual, membantu perekonomian warga di tengah masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Malisi dijumpai di kebun tanaman palawija di Desa Sungai Harapan, Selasa (31/1/2023).

Penanaman ini, lanjut Malisi, melibatkan sejumlah warga dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat. Tujuan penanaman, memenuhi kebutuhan pangan warga di tengah situasi masih berdampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   UMK Kabupaten/ Kota Se-Kepri Rata-rata Naik 6 sampai 7 Persen

Di samping itu, imbuh Kades yang sudah dua kali terpilih ini, dirinya meminta seluruh warga selalu melakukan upaya-upaya yang memberikan dampak positif bagi perekonomian warga. Baik itu untuk kebutuhan sehari-hari, terlebih lagi bisa menjadi nilai pendapatan warga.

BACA JUGA:   Dukung Food Estate Presiden Jokowi, Cen Sui Lan Resmikan Irigasi dari Dana Aspirasi Rp25 Miliar di Lingga

“Kami terus berkoordinasi beberapa pihak, untuk selalu memberikan imbauan serta mengajak semua warga bercocok tanam. Terutama tanaman cepat panen atau lainnya. Apabila ini dilakukan semua warga, bukan tidak mungkin sistem ketahan pangan warga di masa pandemi ini bisa tertutupi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Bangun 200 Unit Rumah Suku Laut, Satu Unit Rp35 Juta

Diterangkan Malisi, di wilayah Desa Sungai Harapan, masih banyak lahan kosong dapat dimamfaatkan bercocok tanam, untuk membantu ekonomi masyarakat. (now)