Usung Semangat Mulak Tu Huta, Opung Jumaga akan Lepas Rombongan SPS Kepri ke Medan

  • Bagikan
Dari kiri: Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, Sekretaris DPRD Kepri, Martin Maromon, dan Ketua SPS Kepri, Ramon Damora duduk. (F. dok sps kepri)

BATAM (Kepri.co.id) – Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak atau biasa disapa Opung, akan melepas Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Kepri, menghadiri Kongres Nasional SPS ke-26 di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), tanggal 7 hingga 8 Februari 2023, mendatang.

Agenda tersebut bersampena puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN), yang juga akan digelar di Kota Medan, Sumut.

Baca Juga: Kekritisan Pers Tidak Padam, Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 Diserahkan Puncak HPN

“Jika tak ada aral melintang, tanggal 4 Februari 2023, rombongan SPS Kepri, berisikan 17 orang pengurus dan pimpinan media akan dilepas langsung oleh Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak didampingi Sekretaris DPRD Kepri, Martin Maromon,” ungkap Ketua SPS Kepri, Ramon Damora, di rapat persiapan keberangkatan SPS Kepri ke Medan, Selasa (31/1/2023) siang.

Dikatakan Ramon, untuk mengikuti kongres SPS ini, SPS Kepri mengangkat tema “Mulak Tu Huta“. Yang artinya, Pulang ke Kampung Halaman.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak (kanan) dan Ketua SPS Kepri, Ramon Damora. (F. dok sps kepri)

Menurut Ramon, ada tiga makna yang terkandung di dalamnya. Pertama, pulang ke kampung halaman Pers.

“Medan atau Sumatera Utara dikenal salah satu pelopor pers di Indonesia, sejak zaman/ masa penjajahan Hindia Belanda, dunia pers telah berkembang pesat di Medan. Sehingga, menjadi alat perjuangan mengusir penjajah,” ungkap Ramon.

Di Focus Group Discussion (FGD) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), bersama komponen pers termasuk masyarakat pers Sumut, juga terkuak bahwa, di Medan tahun 1885-1942 memiliki 130-an media koran, dan terbanyak di era kolonial Belanda.

Kedua, lanjut Ramon, yang merupakan pengurus PWI Pusat tersebut, dengan tema yang diambil, karena ada banyak tokoh pers Provinsi Kepri juga sebagai pengurus SPS Kepri, yang berasal dari Sumut.

“Di antaranya Marganas Nainggolan dan Richard Nainggolan. Maka, Sumut tak hanya banyak menyumbang tokoh pers Kepri, tapi juga tokoh masyarakat di Kepri,” paparnya.

Kemudian, sebut Ramon, makna yang ketiga yang paling penting, selain menyumbang tokoh pers, Medan atau Sumut juga menyumbang tokoh politik.

“Yakni Jumaga Nadeak atau yang lebih dikenal panggilan Opung yang saat ini merupakan Ketua DPRD Kepri. Sehingga kini, kiprah beliau luar biasa, yang merupakan sahabat pers Kepri,” tegas penerima penghargaan Kebudayaan, di Hari Jadi Kota Batam akhir tahun lalu.

Baca Juga: Semangat HUT ke-193 Batam, Mantan Ketua PWI Kepri Terima Anugerah Batam Madani

Sesuai tema Hari Pers Nasional (HPN) yang juga akan diselenggarakan di Medan, tanggal 7 sampai 9 Februari 2023 mendatang, “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat,” kata Ramon, telah lama melekat pada sosok Jumaga Nadeak.

“Peran sudah lama dimainkan Opung, dia sangat ramah pers. Beliau politisi yang tidak pernah menolak wartawan. Sehingga, selalu menyempatkan diri bersama awak media, sesibuk apapun,” tegasnya lagi.

Selain itu, sebut Ramon, sosok Opung diterima di seluruh masyarakat Kepri. Buktinya, Opung selalu terpilih menjadi wakil rakyat di DPRD Kepri, yang telah menjadi Ketua DPRD Kepri dua periode.

Bahkan Opung, papar Ramon, seorang yang berasal dari Tanah Batak, namun jiwanya sangatlah Melayu dan berbaur

“Bukan Kapak Sembarang Kapak, Tapi ini Kampak Pembelah Kayu. Opung ini Bukan Batak sembarang Batak, tetapi
Batak Sudah jadi Melayu,” ujar Ramon, mengutip pantun Soeman HS.

Terkait agenda perjalanan SPS, Ramon berharap, perjalanan rombongan Kepri mengikuti dua agenda nasional, di Medan, berjalan lancar sesuai rencana

“Artinya apa, bagi saya pribadi “Mulak Tu Huta” ini agenda penting, yang ingin merasakan desiran angin, serta Tanah Bangso Batak, yang telah membentuk seorang Opung Jumaga,” ujarnya. (now)

  • Bagikan