Peringati Sumpah Pemuda, Warga Antusias Ikuti Rainbow Run 2.0

Ketua DPRD Kepri, Nuryanto membuka Raiibow Run 2.0 bersempena peringatan sumpah pemuda di Alun-alun Engku Putri Batam Center, Minggu (29/10/2023) pagi. (F. amr)

BATAM (Kepri.co.id) – Ribuan warga Batam mengikuti Raibow Run 2.0 yang digelar Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Kepri bersempena hari sumpah pemuda di Alun-alun Engku Putri Batam Center, Minggu (29/10/2023) pagi.

Rainbow Run 2.0 ini dibuka Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Nuryanto SH MH. Sebelumnya, even yang sama digelar tahun 2016 dan sukses menggaet 3.000 peserta.

Kali ini, rute Rainbow Run 2.0 dimulai dari Jalan Engku Putri ke Simpang One Batam Mall, menuju Simpang Gelael, kemudian ke Pollux-Habibie, dan kembali ke lokasi acara Lapangan Engku Putri Dengan panjang 7 kilometer.

BACA JUGA:   Kapolsek Sekupang Terima Penghargaan dan Pin Emas Kapolri

“Kegiatan ini sangat bagus dan menarik. Terlebih lagi digelar anak-anak muda yang penuh kreativitas. Saya yakin, banyak program kegiatan yang diinisiasi anak muda membuat Kota Batam kian terkenal dan maju. Nantinya, bisa-bisa Batam ini akan bertumpu pada kreativitas kaum muda ke depan,” ujar Nuryanto di sela-sela membuka kegiatan tersebut.

Di momen yang sama, Politisi PDI Perjuangan ini mengucapkan selamat hari sumpah pemuda. Nuryanto berharap, momentum seperti ini bisa dilakukan memperbanyak program-program pro kaum muda.

“Intinya, kami dari DPRD Kota Batam sangat mendorong Pemerintah Kota memberi perhatian lebih pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) kaum muda,” ujar Cak Nur sapaan Nuryanto.

BACA JUGA:   Fohoway Internasional Launching Alat Terapi Kanker di Rumah Sakit Umum Provinsi

Menuru Cak Nur, anak muda di Batam banyak menggeluti sektor kreatif dan olahraga. Potensinya sangat besar, sehingga perlu terus difasilitasi melalui dukungan sarana-prasarana dan anggaran.

“Seperti bidang musik, arsitektur, seni pertunjukan, tari, fotografi, film, banyak sekali talenta muda. Demikian pula di bidang olahraga, dari sepak bola, basket, futsal, sepeda, hingga skateboard. Luar biasa potensinya,” urainya.

Berbagai potensi itu, sambungnya, harus dikembangkan dengan dukungan berbagai elemen secara bergotong royong.

BACA JUGA:   Rudi Gerak Cepat Ulurkan Bantuan Kebakaran Pulau Buluh

“Kita harus jadikan Batam sebagai ekosistem pro kaum muda, yang ramah program anak muda. Termasuk pola pembangunan partisipatif, yang membuka ruang bagi anak muda. Sekali lagi saya ucapkan selamat, dan sukses selalu. Sekaligus sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang seperti ini,” ujar Cak Nur.

Sebagaimana diketahui, selain menggelar Rainbow Run 2.0, Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) juga menyelenggarakan Bazar di Dataran Engkuputri Kota Batam.

Bazar ini dilakukan guna menggeliatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam, juga dapat menjadi hiburan bagi masyarakat. (amr)