Gedung Pesantren Rusak Diduga Pencurian Kabel

Petugas dari Polsek Galang turun langsung ke salah satu pondok pesantren di Bukit Bismillah Pulau Rempang yang viral rusak, hasil penyelidikan diduga pencurian kabel listrik, Minggu (28/8/2023). (F. amr)

BATAM (Kepri.co.id) – Pondok pesantren di Bukit Bismillah Pulau Rempang, Kecamatan Galang, Kota Batam, viral di media sosial dirusak orang tidak dikenal (OTK), Minggu (28/8/2023).

Kapolsek Galang, Iptu Alex Yasral, mengatakan, pemberitaan yang menyebut Pondok Pesantren Bukit Bismillah Pulau Rempang itu, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi.

Setelah dicek, yang terjadi bukan pengrusakan. Pesantren itu sudah lama tidak berpenghuni dan diduga ada pencurian kabel terhadap gedung Pondok Pesantren Bukit Bismillah Pulau Rempang tersebut.

BACA JUGA:   Rudi Tegaskan Pemerintah Komit Selesaikan Infrastruktur Jalan

“Rusaknya pesantren tersebut bukan karena dihancurkan orang tak dikenal, tetapi diduga dibobol maling mengambil sejumlah barang-barang yang ada di pesantren itu,” katanya.

Hasil pengecekan tempat kejadian perkara (TKP), kata Iptu Alex, pelaku mengambil kabel listrik, stop kontak, dan meteran listrik. Selain itu, ada juga bekas kabel yang dibakar dan plafon tempat penyimpanan kabel juga dibobol.

BACA JUGA:   Rakornas Dukcapil 2024 Percepat Transformasi Digital untuk Pelayanan Publik

Plafon bangunan tersebut rusak, diduga karena pelaku ingin mengambil kabel listrik bangunan tersebut.
Jika memang sengaja dirusak orang tidak dikenal, kata Kapolsek, tentu bangunan dan kaca-kaca jendela sudah pecah. Namun, bangunan masih utuh.

BACA JUGA:   Batam Tunjukkan Tren Positif Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

“Saya mengimbau masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Galang, Kota Batam, tidak mudah percaya pada berita yang belum diketahui kebenarannya atau terhadap berita hoax,” tuturnya. (amr)