Disbudpar Tanjungpinang Gandeng Citizen Journalism Publikasikan Potensi Wisata

Pemberian hadiah pemenang Lomba Foto Story 2023 bertema "Pesona Tanjungpinang” di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kota Tanjungpinang, Kepri, Sabtu (26/8/2023). (F. now)

TANJUNGPINANG (Kepri.co.id) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang mengajak masyarakat dan komunitas fotografer menjadi citizen jorunalism, mempromosikan potensi pariwisata Kota Tanjungpinang.

Sebagai wujud mengajak partisipasi masyarakat ini, Disbudpar menggelar Lomba Foto Story 2023 bertema, “Pesona Tanjungpinang”. Pemenang lomba foto digelar di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kota Tanjungpinang, Kepri, Sabtu (26/8/2023).

Hadiah diserahkan Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri; didampingi Sekretaris Disbudpar, Faisal Pahlevi; Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Salman, dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Andi Suryanto.

Nazri menyampaikan, partisipasi masyarakat dan para pecinta fotografi dalam lomba foto story ini, sangat penting mempublikasikan potensi pariwisata di Kota Tanjungpinang.

BACA JUGA:   PT Austin Engineering Ekspansi Investasi Rp63,3 Miliar di Kawasan Kabil

Menurutnya, melalui lensa dan kreativitas dari para peserta, akan memberikan warna dalam mempromosikan pariwisata, pembangunan, serta kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya di Ibukota Provinsi Kepri ini.

“Sebanyak 35 peserta yang mengirimkan karya fotonya, semuanya penuh kreativitas. Mereka telah berhasil menangkap momen-momen indah di Kota Tanjungpinang,” ucap Nazri.

Kepada peserta pemenang lomba, Nazri mengucapkan selamat. Bagi yang belum, ia memberikan semangat untuk terus mengembangkan bakat, serta kreativitas melalui karya-karya foto yang menakjubkan.

BACA JUGA:   Soerya Harapkan Sesama Sedulur Jatim Kedepankan Musyawarah Mufakat

“Insya Allah tahun depan kita adakan lagi. Mudah-mudahan akan semakin lebih baik,” pungkasnya.

Dewan Juri Lomba Foto Story 2023, Andri Mediansyah, menyatakan, lomba foto story yang diadakan Disbudpar melalui bidang ekonomi kreatif ini, menjadi salah satu upaya meningkatkan gairah fotografi, khususnya di Kota Tanjungpinang.

Tema foto story ini, menurut Andri, secara tidak langsung Disbudpar membangkitkan minat fotografi. “Artinya, itu menjadikan fotografer-fotografer supaya peka terhadap lingkungan dan sekitarnya. Baik itu pembangunan maupun pariwisata di Kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Setelah melakukan penilaian dari karya foto yang masuk, empat dewan juri yakni Ari Amphibia, Bea Wiharta, Andri Merdiansyah, dan One Motto menetapkan empat nama sebagai pemenang.

BACA JUGA:   Usai Konferprov, Hendry CH Bangun Imbau PWI Tetap Solid

Juara 1 Afrizal mendapatkan hadiah uang Rp4,5 juta, juara 2 Dewi Kumala DS mendapatkan hadiah Rp3,5 juta, juara 3 Rahmad Hidayat dengan hadiah Rp2,5 juta, dan juara favorit Ismanto Sawu membawa pulang Rp750 ribu. (now)