Kapolres Karimun Imbau Warga yang Mudik, Perhatikan Keselamatan Sebelum dan Selama Perjalanan

KARIMUN (Kepri.co.id) – Kapolres Karimun, AKBP Tony Pantano SIK SH, mengimbau warga yang mudik agar senantiasa memperhatikan keselamatan sebelum dan selama perjalanan.

“Sehubungan hari raya Idul Fitri dan cuti bersama menghadapi mudik, saya mengimbau masyarakat Kabupaten Karimun, memeriksa rumah sebelum ditinggalkan dalam keadaan kosong. Seperti pintu, jendela, kompor, alat listrik, dan lain-lain,” ujar AKBP Tony Pantano SIK SH, Rabu (27/4/2022).

Supaya nyaman selama mudik, lanjut Kapolres, agar melaporkan atau menitipkan rumah kepada petugas keamanan setempat atau tetangga, bila ditinggal dalam keadaan kosong dalam waktu tertentu.

Jajaran Polres Karimun siap memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan warga.

“Jangan lupa, hidupkan lampu penerangan di luar rumah jika kunci rumah dibawa. Tapi, kalau kunci rumah ikut dititip, biar yang diberi amanah menghidupkan dan mematikan lampu penerang di luar rumah. Supaya tidak boros arus listrik,” jelas AKBP Tony Pantano SIK SH.

Kemudian, menyimpan barang berharga, dokumen penting di tempat aman atau menitipkannya ke kantor polisi terdekat. Bisa juga disimpan dalam safe deposit box bank

“Sebelum melaksanakan perjalanan jauh, bila menggunakan kendaraan pribadi agar mengecek kondisi kendaraan. Jangan bawa barang berlebih, patuhi peraturan berlalulintas, dan berdoa untuk keselamatan,” saran AKBP Tony Pantano SIK SH.

Bila lelah dalam perjalanan, lanjut AKBP Tony Pantano SIK SH, pengendara bisa menggunakan pos pengamanan kepolisian untuk tempat beristirahat.

Yang tidak kalah penting, selalu memperhatikan berita dan informasi, tentang jalur mudik dan daerah yang dilalui melalui berbagai media.

“Saya juga mengimbau masyarakat Kabupaten Karimun yang akan melaksanakan mudik, agar menuntaskan vaksinasi baik dosis I, II, dan III (booster),” pesan AKBP Tony Pantano SIK SH.

Kapolres mewanti-wanti warga, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya bersama pencegahan dan pengendalian Covid-19. (rep1)