Minum Air Kelapa Muda, Lepas Dahaga Dapat Sehat

F. ilustrasi

Buah kelapa banyak dijumpai di nusantara. Bahkan, buah kelapa muda banyak diperdagangkan di kaki lima. Ternyata, air kelapa muda ini banyak manfaatnya.

Manfaat air kelapa muda tidak hanya untuk melepas dahaga, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit, nutrisi, dan senyawa lain di dalam air kelapa muda dinilai bisa membawa beragam khasiat bagi tubuh, mulai dari mencegah dehidrasi hingga membuat kulit awet muda.

Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan:

  1. Asupan Saat Diet
    Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir berat badan naik ketika mengonsumsinya.

Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi berkat kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih optimal, konsumsilah air kelapa murni yang tidak ditambahkan gula. Batasi pula porsi saat mengonsumsinya.

  1. Tinggi Serat
    Daging kelapa kaya akan serat. Kandungan ini memainkan peran yang sangat penting bagi tubuh.

Serat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Tak hanya itu, serat juga berkontribusi terhadap penyerapan nutrisi makanan.

BACA JUGA:   RS Regency Bincang Sehat Sempena Hari Kesehatan Dunia, Sekaligus MoU dengan Biro Perjalanan Wisata Indonesia
  1. Menangani Masalah Pencernaan
    Air kelapa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan. Keluhan mual, muntah, atau diare pun bisa teratasi dengan mengonsumsinya.

Air kelapa juga mengandung elektrolit, sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan.

  1. Mencegah Dehidrasi
    Tahukah kamu, kandungan dalam air kelapa lebih efektif mencegah dehidrasi daripada minuman isotonik dan minuman energi?

Air kelapa mengandung 61 miligram kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 mililiternya.

  1. Mengatur Keseimbangan Cairan dan Elektrolit dalam Tubuh
    Sebagian besar orang kekurangan kebutuhan kalium harian. Kandungan kalium pada air kelapa membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh kita.

Penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan cairan selama berolahraga. Selain itu, air kelapa juga mengandung lebih banyak kalium daripada natrium. Hal ini juga bisa membantu menstabilkan pengaruh garam pada tekanan darah.

Sementara itu, minuman isotonik dan minuman energi hanya mengandung setengah dari kandungan kalium tersebut, dan 5 kali jumlah pemanis buatan yang buruk untuk kesehatan.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi
    Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal mengatakan, penderita hipertensi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin mengalami penurunan tekanan darah.
BACA JUGA:   Waspada Bahaya Stroke! Bagaimana Stroke Bisa Terjadi?

Hal tersebut memberikan harapan, air kelapa dapat membantu mengontrol penyakit hipertensi.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung
    Air kelapa meningkatkan kadar high-density lipoprotein. Tingginya kadar high-density lipoprotein itu, akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian tahun 2019 oleh Siti Thomas Zulaikhah, menunjukkan kalau air kelapa memiliki efek perlindungan jantung pada tikus. Air kelapa tersebut mampu melindungi tikus dari perkembangan infark miokard atau serangan jantung.

  1. Kaya Gizi
    Air kelapa mengandung lima jenis elektrolit esensial bagi tubuh yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Berbagai kandungan tersebut bisa meningkatkan imunitas hingga merawat tulang. Karena itu, minum air kelapa dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan orang.

  1. Meredakan Mabuk Akibat Alkohol
    Konsumsi alkohol berlebih bisa menyebabkan mabuk dan pusing. Kondisi tersebut dapat diredakan dengan mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa tidak menyebabkan mual atau perut kembung ketimbang air putih biasa. Ini bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol.

  1. Menangkal Radikal Bebas
    Air kelapa tinggi akan antioksidan, yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Perlu diketahui, radikal bebas yang jumlahnya berlebihan dalam tubuh dapat memicu penyakit kronis.
BACA JUGA:   Luncurkan Aplikasi Remunerasi Profesi Dokter

Pada penelitian terhadap tikus, ditemukan pemberian air kelapa dapat meminimalkan kadar radikal bebas di dalam tubuh. Ini membuat risiko tikus-tikus tersebut untuk terkena penyakit lebih rendah.

  1. Mengontrol Gula Darah
    Studi pada hewan menemukan bahwa konsumsi air kelapa bermanfaat untuk menurunkan gula darah serta kadar HbA1c — penentu kontrol gula darah dalam jangka panjang.

Air kelapa juga mengandung magnesium yang penting, untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes ataupun prediabetes.

  1. Menghindari Batu Ginjal
    Ternyata minum air kelapa berkhasiat untuk menurunkan risiko batu ginjal. Meskipun air putih tetap yang terbaik, air kelapa dapat menjadi pilihan.

Penelitian pada hewan menemukan bahwa air kelapa dapat mencegah kristalisasi batu ginjal, sehingga menurunkan risiko penyakit tersebut.

  1. Mengatasi Kulit Kering
    Untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air kelapa bisa kamu konsumsi di samping air putih. Apalagi, air kelapa juga mengandung vitamin C.

Kombinasi tersebut membuat air kelapa dapat menjaga hidrasi kulit, sehingga mencegah kekeringan. Air kelapa juga mampu memelihara elastisitas kulit sehingga tampak kenyal. (asa)