Cepat Merapat, Cen Sui Lan Sediakan 1.200 Beasiswa Se-Kepri

BATAM (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri seolah tak habis ide memajukan daerah yang mengantarkannya ke Senayan, Jakarta.

Tidak hanya pembangunan fisik sarana dan prasarana, Cen Sui Lan juga memikirkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) lewat beasiswa pendidikan.

“Kita menyediakan beasiswa pendidikan 1.200 pelajar se-Provinsi Kepri. Output yang diharapkan, meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kepri,” ujar Cen Sui Lan dalam sosialisasi empat pilar MPR RI di Kampus Institut Agama Islam Abdullah Said (IAIAS) Tanjunguncang, baru-baru ini.

Cen Sui Lan, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Program Cen Sui Lan penyediaan 1.200 beasiswa itu, akan dialokasikan kepada 500 murid SD, MI (Madrasah Ibtidaiyah), dan sederajat.

Kemudian, 500 beasiswa untuk pelajar SMP, MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan sederajat. Serta 200 beasiswa untuk siswa SMA, SMK sederajat.

“Mudah mudahan bantuan beasiswa ini meringankan beban orang tua. Ini merupakan upaya partisipasi dalam membangun Kepri yang lebih maju,” tutur Cen Sui Lan.

Beasiswa diberikan tahun anggaran 2022 ini. Proses input data segera dimulai, setelah Tim Informasi Teknologi (IT) Cen Sui Lan menyiapkan aplikasi, bersamaan dengan aplikasi Anggota Relawan Cen Sui Lan, Anggota DPR RI Dapil Kepri.

Aplikasi tersebut segera diluncurkan, untuk memudahkan masyarakat di tujuh kabupaten dan kota se-Kepri, agar bisa masuk sebagai data penerima beasiswa tersebut.

Bagi orang tua yang masuk ke aplikasi, akan mudah dan menjangkau seluruh warga masyarakat di seluruh pelosok Provinsi Kepri.

Program tersebut mendapat apresiasi dari akademika Kampus IAIAS Kota Batam, serta ustadz Jamaluddin Nur yang hadir pada kesempatan tersebut.

Tahun 2013 lalu, Jamaluddin Nur merupakan pembimbing ibadah umrah Cen Sui Lan ke Tanah Suci Mekkah.

“Alhamdulillah, terimakasih semua berkat Kak Cen Sui Lan,” ujar Jamaluddin Nur memberikan apresiasi.

Dikatakan Cen Sui Lan, beasiswa tersebut juga diberikan kepada peserta didik di Yayasan IAIAS binaan ustadz Jamaluddin Nur, yayasan-yayasan pendidikan lainnya, serta anak dari keluarga kurang mampu se-Kepri.

”Tim IT untuk program beasiswa tersebut sedang menyiapkan aplikasi. Aplikasi ini membantu kepada keluarga yang semestinya mendapatkan beasiswa,” terang Cen Sui Lan yang juga sebagai Penasihat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Menurut Cen Sui Lan yang juga Wakil Bendahara Umum DPP Pengajian Al-Hidayah, ini program penyediaan beasiswa bertujuan, membantu anak-anak di Kepri bisa maju dalam pendidikan.

“Program beasiswa ini merupakan dukungan nyata saya terhadap warga Kepri, guna meringankan beban pendidikan,” ujar Cen Sui Lan yang baru ditugaskan Fraksi Golkar sebagai Anggota Panja RUU Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) yang segera dimulai pembahasannya di DPR RI. (rep1)