Batam  

Wujudkan Satu Peta Bantu Investasi, BP Batam Launching Geoportal Spasial

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi (empat kiri) menyentuh layar menandai launching Geoportal Spasial BP Batam di Balairungsari Batam Center, Senin (24/7/2023). (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) membuat terobosan satu peta untuk membantu investasi. Terobosan baru ini, mengetahui kondisi riil data pertanahan, fatwa planologi, dan lainnya.

Lompatan layanan perubahan lebih maju dan modern ini, ditandai launching Geoportal Spasial BP Batam di Balairungsari Batam Center, Senin (24/7/2023).

Peluncuran dilakukan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi bersama Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, peluncuran Geoportal Spasial BP Batam ini, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi BP Batam.

BACA JUGA:   Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Diskon 50 Persen, Catat Tanggalnya

Banyak data geospasial yang dapat dimanfaatkan. Di antaranya data pertanahan, fatwaplanologi, infrastruktur, kawasan industri, kawasan ekonomi khusus (KEK), pelabuhan, bandara, objek wisata, dan lainnya.

Sehingga, lanjut Rudi, penyelenggaraan geoportal spasial BP Batam merupakan wujud implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dan amanat pemerintah pusat melalui kebijakan satu peta.

“Kebijakan satu peta ini, tidak hanya bermanfaat bagi BP Batam, namun berguna bagi perencanaan pembangunan Indonesia, dengan data geospasial yang terintegrasi dan tersinkronisasi dengan Satu Data Indonesia dan Simpul Jaringan Nasional,” ujar orang nomor satu di BP Batam ini.

BACA JUGA:   Komisi VI DPR Dukung Pengembangan Bandara Hang Nadim, Minta Share Garuda Diperbesar

Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai, mengatakan, data geospasial ini sangat penting bagi dunia investasi di Kota Batam. Sebagaimana modal dari investasi adalah adanya ketersediaan lahan.

“Nah, kalau lokasi kita mesti ngomong ruang, kalau ruang mesti harus ada petanya. Sehingga, BP Batam me-launching geoportal BP Batam yang akan menyediakan seluruh data spasial di Batam dalam rangka mempermudah investasi,” ujar Aris.

BACA JUGA:   BP Minta Maaf, Pipa Bocor Sebabkan Air Keruh hingga Bercacing

Ia melanjutkan, sesuai amanat UU Nomor 4 Tahun 2011, Badan Informasi Geospasial bertugas sebagai penyelenggara informasi geospasial. Serta melakukan pembinaan informasi geospasial, baik itu kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah hingga badan.

“Kami menyambut baik, mendukung serta menyampaikan selamat atas launching geoportal ini. Semoga, geoportal yang disusun dan dikembangkan ini menjadi bagian yang sangat penting dalam rangka investasi di Batam,” tutupnya. (rud)