Rayakan Idul Fitri, Rudi Apresiasi Kerukunan Masyarakat Demi Wujudkan Batam Kota Madani

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi salat Idul Fitri di Lapangan Alun-alun Engku Putri Batam Centre, Sabtu (22/4/2023). (F. dok humas bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Kepala Badan Pengusaha (BP) Batam, Muhammad Rudi, melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah di Alun-alun Engku Putri Batam Center, Sabtu (22/4/2023).

Hadir bersama Ketua Pikori BP Batam, Marlin Agustina, Muhammad Rudi mengapresiasi antusias masyarakat menyambut perayaan Idul Fitri tahun 2023.

Baca Juga: Musim Mudik Lebaran, Volume Penumpang Pesawat Bandara Hang Nadim Batam Naik 47 Persen

Bukan tanpa alasan, antusias masyarakat tersebut ikut berdampak pada jumlah titik pelaksanaan salat Idul Fitri di Kota Batam.

Di mana, jumlah titik pelaksanaan mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.

BACA JUGA:   Empat Terdakwa Korupsi Dana Hibah Dispora Kepri Divonis 4 sampai 4,6 Tahun
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi bersalaman dengan warga usai salat Idul Fitri di Lapangan Alun-alun Engku Putri Batam Centre, Sabtu (22/4/2023). (,F. dok humas bp batam)

Tahun lalu, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam mencatat, pelaksanaan salat hanya sekitar 600 titik.

Sedangkan tahun 2023, meningkat menjadi 831 titik. Dengan rincian, 713 titik di masjid, 97 titik di musala, dan 21 titik di lapangan terbuka.

Tidak hanya itu, Kemenag Kota Batam juga menyampaikan, indeks kerukunan masyarakat mengalami peningkatan sepanjang tahun lalu.

“Hal ini patut kita apresiasi. Mudah-mudahan masyarakat bisa bersatu padu membangun Kota Batam,” ujar Rudi.

Orang nomor satu di BP Batam tersebut, mengatakan, kerukunan masyarakat akan berdampak kepada kenyamanan dan keamanan investasi ke depan.

BACA JUGA:   Mal, Hotel, dan Bank Banyak Berdiri, Warga Minta Jalan Tengku Sulung Dua Jalur

Dengan kerukunan yang ada, lanjut Rudi, situasi Kota Batam bakal kondusif dan mampu menarik minat investor berinvestasi.

“Berdasarkan laporan Kemenag, jumlah zakat, infak, sedekah juga meningkat. Ini artinya, perekonomian masyarakat semakin membaik dan meningkat. Hal ini juga menandakan, perkembangan Kota Batam sudah ada titik terang,” lanjutnya.

Rudi berharap, pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang berlangsung, dapat membawa peningkatan ekonomi untuk masyarakat Kota Batam ke depan.

Mengingat, ekonomi Kota Batam tumbuh 6,84 persen sepanjang tahun 2022 lalu.

Sehingga, Rudi ingin pertumbuhan ekonomi Batam tahun 2023 bisa mencapai 7 persen.

BACA JUGA:   PSMTI Tanjungpinang Bersama Korem dan PMI Bakti Sosial Donor Darah

“Ekonomi menjadi penentu. Mudah-mudahan, kita bisa saling menjaga silaturahmi agar Batam terus kondusif dan aman, demi mewujudkan kota yang madani dan modern,” pungkasnya.

Usai melaksanakan salat Idul Fitri, Rudi bersama Ketua Pikori BP Batam, Marlin Agustina, berkesempatan menyapa ribuan jemaah yang hadir di Alun-alun Engku Putri Batam Center.

“Mari kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan. Kami mengajak generasi muda di Kota Batam, menjaga akhlak demi mewujudkan Kota Batam yang madani,” ujar Marlin Agustina. (asa)