Rudi Beberkan Rencana Pembangunan, Ajak Alumni Unsri Ikut Berperan Aktif

BATAM (Kepri.co.id) – Walikota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengajak ikatan keluarga alumni (IKA) Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, berkontribusi menyiapkan sumber daya manusia (SDM) membangun Batam.

“Bapak dan Ibu IKA Unsri, selama dua periode saya memimpin Batam, fokus saya membangun infrastruktur menunjang investasi. IKA Unsri bisa berperan menyiapkan SDM membantu kami membangun Batam,” ujar Rudi pada pelantikan Pengurus IKA Unsri Kepri dan Singapura di Best Western Premier Panbil, Sabtu (18/6/2022).

Walikota Batam, Muhammad Rudi turut menandatangani berita acara pelantikan IKA Unsri Kepri dan Singapura periode 2920 – 2924 di Best Western Premier Panbil, Sabtu (18/6).

Rudi mengungkapkan, akan membangun Bandara Hang Nadim Batam hingga mampu menampung 50 ribu penumpang. Pembangunan Bandara Hang Nadim, Batam melalui kerja sama dengan PT Bandara Internasional Batam (BIB).

Dengan demikian, Bandara Hang Nadim resmi berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura (AP) I melalui PT Bandara Internasional Batam.BIB merupakan badan usaha pelaksana (BUP) yang dibentuk oleh konsorsium PT Angkasa Pura/AP I, Incheon International Airport Corporation (IIAC) Korea, dan PT Wijaya Karya/WIKA (Persero) Tbk.

“IKA Unsri bisa berperan di sana. Banyak SDM yang dibutuhkan dalam pembangunan Bandara Hang Nadim Batam tersebut,” ujar Rudi.

Baca Juga: Tiga Menteri Tinjau Progres KEK dan Kemajuan Batam

Selain bandara, Rudi juga mengungkapkan, pengelolaan Pelabuhan Batuampar akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Sementara BP Batam hanya menerima bagi hasil.

“Banyak pembangunan yang dibuka, ini tentu peluang bagi IKA Unsri ikut berperan didalamnya,” ujar Rudi.

Ketua IKA Unsri Kepri dan Singapura, dr Candra Friyadi MH Kes MARS didampingi Pembina IKA Unsri Kepri dan Singapura, dr Rusdani MKKK memasangkan tanjak kepada Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Rudi juga memaparkan, BP Batam konsen mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) Kesehatan di Sekupang.

“Rumah sakit berkualitas selain ditentukan ketersedian SDM mumpuni, juga ditentukan peralatan canggih. Peralatan tersebut mahal dan impor. Kalau ada KEK Kesehatan, pemasukan barang tersebut jadi murah,” beber Rudi, menyemangati IKA Unsri.

IKA Unsri Kepri dan Singapura periode 2020 – 2024 tersebut dengan Ketua dr Candra Friyadi MH Kes MARS dan Ketua Harian Hery Herlangga.

Sedangkan yang melakukan pelantikan langsung Ketua Umum IKA Unsri Pusat, Dr Agung Firman Sampurna SE MAP CFrA CGCAE QGIA yang juga Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Pusat.

Baca Juga: Tiga Menteri Tinjau Progres KEK dan Kemajuan Batam

Pelantikan ini sejatinya digelar tahun 2020 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 dan pemerintah menerapkan perlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sehingga baru bisa dilaksanakan akhir pekan lalu.

Ketua Umum IKA Unsri Pusat, Agung Firman Sampurna secara inplisit menitipkan harapan kepada Walikota Batam, agar memperhatikan dan memberdayakan alumni Unsri.

Kepada Ketua IKA Unsri Kepri dan Singapura yang baru dilantik, Firman berpesan, apa hal-hal baik di periode yang lama, agar dilanjutkan ke depan.

“IKA Unsri harus bersatu, berpikir, dan berbuat untuk negeri. Kita kuat kalau bersatu dan kita lemah jika berpecah- belah,” kata Firman memotivasi.

Menurutnya, kemajuan industri 4.0 berisiko perpecah-belahan bangsa, jika perbedaan diangkat ke permukaan. Itu sebabnya, ingat Firman, semua alumni Unsri disatukan dalam wadah.

“Masuk Unsri kemudian jadi alumni terjun ke masyarakat. Satukan kembali potensi ini. Satukan dengan teknologi virtual, sehingga tidak mengganggu kesibukan alumni yang sudah berkiprah di berbagai profesi,” nasihat Firman kepada pengurus IKA Unsri.

Sementara itu, Ketua IKA Unsri Kepri dan Singapura, dr Candra Friyadi MH Kes MARS akan membuat agenda untuk ajang silaturahmi menyatukan dan berkontribusi untuk Batam.

“Kegiatan yang sudah-sudah seperti donor darah, sunatan masal, dan lainnya. Kita juga akan menyiapkan simposium solusi apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini,” ujar Candra.

Ditambahkan Ketua Harian IKA Unsri Kepri dan Singapura, Hery Herlangga, saat ini pihaknya akan menyiapkan aplikasi kartu anggota elektronik untuk memudahkan mendata menginventarisir anggota. (rep2)