Antisipasi Macet Mudik Lebaran 2023, Kakorlantas Imbau Lewat Jalur Pansela Jawa

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi memberikan keterangan pers mengimbau menggunakan jalur pantai selatan (pansela) Pulau Jawa untuk mengantisipasi macet mudik lebaran 2023 di Jembatan Kretek 2 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023). (F. dok humas polri)

YOGYAKARTA (Kepri.co.id) – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi, melakukan peninjauan jalur persiapan mudik Lebaran 2023. Kali ini, Irjen Firman meninjau jalur pantai selatan (pansela) Pulau Jawa.

Dalam tinjauannya, Firman mengatakan, secara umum belum banyak kendaraan melintasi jalur pantai selatan Pulau Jawa. Padahal, menurutnya jalur tersebut cukup nyaman dan aman dilalui.

Baca Juga: Kakorlantas Imbau Hal Ini ke Masyarakat

“Sayang saja fasilitas ini tidak bisa dieksplore dan tidak disampaikan kepada masyarakat. Ini bisa memecah volume kendaraan yang menuju wilayah timur untuk melaksanakan mudik,” kata Firman di Jembatan Kretek 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023).

BACA JUGA:   FormasNU Kerahkan Kiai Muda Berdoa dan Hadir ke KPU Daftarkan AMIN

Firman menuturkan, tidak ada salahnya nanti jika masyarakat yang ingin mudik bisa melewati jalur pantai selatan Jawa, lantaran pemandangan jalur ini sungguh indah dan bisa dinikmati.

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mendengarkan penjelasan jalur pantai selatan (pansela) Pulau Jawa di Jembatan Kretek 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023). (F. dok humas polri)

“Tidak ada, salahnya mereka yang akan berangkat terlebih dahulu bisa menikmati jalur pantai selatan Jawa gitu ya. Itu bisa melalui jalan yang kita sudah lalui bersama selama tiga hari ini, dengan semua keindahan dan fasilitas yang ada,” katanya.

Untuk meyakinkan agar masyarakat yang mudik melintasi jalur pantai selatan Jawa, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementerian terkait.

BACA JUGA:   Dinilai Berhasil Pengendalian Penduduk, Gubernur Ansar dan Dewi Ansar Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

“Semua harus bisa berkontribusi yang positif, masyarakat bisa kita yakinkan bahwa melalui selatan ini tidak ada ruginya. Kita cinta Indonesia, kita cinta pemandangan. Tidak ada salahnya kita membangun juga yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini memberikan tips-tips untuk mudik aman dan nyaman, terutama jika melewati jalur pantai selatan Pulau Jawa. Salah satunya pengaturan waktu keberangkatan.

Peta jalur pantai selatan (pansela) Pulau Jawa. (F. dok humas polri)

“Pertama diatur waktu berangkatnya supaya lebih santai bisa menikmati jalan. Ada tempat-tempat singgah yang bisa dipakai dan dimanfaatkan. Pom bensin lebih banyak ketimbang tahun lalu, ini patut diinfokan ke masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Jemput Bola Proyek Strategis ke Kementerian PUPR

Selain itu, ia juga meminta masyarakat memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan sehat. Ia pun menyarankan, agar masyarakat tak mudik menggunakan sepeda motor demi keselamatan.

“Saya tetap mengimbau kalau bisa jangan pakai roda dua. Tetapi, silakan dengan roda empat, roda dua titipkan ke truk ada angkutan laut, kereta api seperti tahun lalu. Ini saran keselamatan, karena memang lelah kecuali banyak istirahatnya. Kalau sudah di jalan raya, tidak boleh lengah, kalau bicara keselamatan. Makanya, orang harus sehat kalau di jalan,” katanya. (hen)