Bukan Kaleng-Kaleng, Cen Sui Lan Tuntaskan Dana Aspirasinya Rp9 Miliar Program KOTAKU

Datok AT: Terasa Manfaat dan Kepeduliannya ke Masyarakat

BATAM (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, sosok politisi yang tidak lupa pada daerah pemilihan (dapil) yang mengantarkannya ke Senayan, Jakarta.

Itu ditunjukkan Cen Sui Lan dengan menggunakan dana aspirasinya sebesar Rp9 miliar, untuk kegiatan program KOta TAnpa KUmuh (KOTAKU) tahun anggaran 2021, di sembilan kelurahan Kota Batam.

Program KOTAKU merupakan dana aspirasi Cen Sui Lan dari APBN, “dititipkan” melalui Balai Prasarana Permukiman Infrastruktur Wilayah (BP2IW) Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kegiatan terakhir program KOTAKU ini, diresmikan di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kamis (13/1/2022).

Cen Sui Lan menggunting pita menandai puncak peresmian pemakaian program KOTAKU di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kamis (13/1/2022).

Peresmian ditandai pengguntingan pita dan pelepasan burung merpati, sebagai tanda usai semua peresmian program KOTAKU di Kota Batam. Masing-masing kelurahan mendapatkan Rp1 miliar, untuk pembangunan ruang terbuka hijau.

Peresmian kegiatan KOTAKU dari karya atau aspirasi Cen Sui Lan ini, berlangsung meriah dan disambut warga secara gegap gempita.

“Ini upaya Cen Sui Lan memulihkan ekonomi rakyat di masa pandemi. Sebab, pekerja proyek fisik program KOTAKU, melibatkan warga setempat,” ujar Soni, warga Perumahan Marina Park.

Menurut Soni, Cen Sui Lan bukan politisi kaleng-kaleng. “Saya bangga memiliki anggota DPR RI seperti Bu Cen Sui Lan. Ia peduli, maaf, bukan pada saat pencoblosan saja. Tapi, betul-betul berkarya nyata untuk masyarakat Kepri,” ujarnya.

Pada peresmian tersebut, Cen Sui Lan didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Istiadi Nugroho.

Cen Sui Lan foto bersama personel grup musik religi pada peresmian berakhirnya program KOTAKU di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kamis (13/1/2022).

Peresmian ini dimeriahkan penampilan kesenian religi grup selawat Nabi Muhammad SAW dari Majelis Taklim Al-Muhibbah Masjid Al-Anshar di Happy Garden Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja.

Datok Amat Tantoso (AT), tokoh masyarakat Kelurahan Batu Selicin yang hadir dalam peresmian ini, mengucapkan terima kasih atas program-program yang sudah direalisasikan Cen Sui Lan, selama menjabat Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

“Terasa sekali perhatian dan sangat peduli Bu Cen Sui Lan, terhadap pembangunan Provinsi Kepri. Karya Bu Cen begitu besar manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Datok AT.

Datok AT mengajak semua lapisan masyarakat, agar mendukung Cen Sui Lan secara bersama-sama. Karena apa yang diperbuat dan diperjuangkan Cen Sui Lan di Senayan (DPR-RI), sudah nyata dirasakan manfaatnya untuk kemajuan Provinsi Kepri.

“Karya Bu Cen Sui Lan sangat menyentuh masyarakat lapisan bawah,” ujar Datok AT, yang juga sebagai Ketua Umum Pedagang Valuta Asing (APVA) se-Indonesia.

Datok AT bersama pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Batu Selicin, sangat antusias terhadap Cen Sui Lan, dalam membangun di tingkat kelurahan.

Bahkan, hal serupa juga disampaikan para Ketua RW dan Ketua RT se-Kelurahan Batu Selicin.

Di sela peresmian kegiatan program KOTAKU tersebut, Cen Sui Lan menerima aspirasi dari para Ketua RW.

Seperti yang disampaikan Abun seorang Ketua RW di Kelurahan Batu Selicin, mengenai pembangunan ruang terbuka publik (RTP) di Marina Park.

Cen Sui Lan menjelaskan, tahun anggaran 2021, dirinya menggunakan dana aspirasi sebesar Rp9 miliar untuk kegiatan program KOTAKU di wilayah Kota Batam.
Masing-masing kelurahan dialokasikan Rp1 miliar.

Kegiatan program KOTAKU ini dialokasikan melalui BP2IW Provinsi Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Tapi, kegiatan dilaksanakan atau dikelola oleh BKM di kelurahan.

BKM yang mendapat program KOTAKU ini, sebut Cen Sui Lan yang juga menjabat Wakil Ketua Umum DPP Gerakan Perempuan MKGR ini, yaitu di Kelurahan Batu Selicin, Baloi Indah, Kampung Pelita, Seraya, Belian, Duriangkang, Kibing, Bukit Tempayan, dan Sungai Pelunggut.

“Sekarang, semua kegiatan itu sudah selesai. Terima kasih kepada semua pihak, dan BKM yang melaksanakan kegiatan ini,” ujar Cen Sui Lan

Kegiatan program KOTAKU ini, lanjut Cen Sui Lain, dialokasikan melalui BKM, demi meningkatkan ekonomi rakyat dan menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“BKM itu terdiri dari masyarakat setempat. Dengan program KOTAKU, selain infrastruktur meningkat juga meningkatkan produktivitas masyarakat setempat,” jelas Cen Sui Lan.

Otomatis, kata Cen Sui Lan, masyarakat mendapat pekerjaan dan uang. Terus, hasil pekerjaan ini juga dimanfaatkan semua masyarakat.

Konsep ini sebagai upaya pemulihan ekonomi, sesuai misi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dengan program KOTAKU diserahkan ke BKM setempat, tentu membuka kerja bagi masyarakat. Sedangkan hasilnya, juga dirasakan masyarakat,” ujar Cen Sui Lan, politisi besutan Partai Golkar ini.

Sembilan kelurahan di Kota Batam, sudah menyelesaikan pekerjaan program KOTAKU. Alokasi anggaran yang diperjuangkan Cen Sui Lan ini, merupakan salah satu wujud aksi nyata dalam membangun Kepri.

Seperti yang diinstruksikan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Golkar, kepada kader-kader Golkar yang duduk di legislatif maupun eksekutif.

“Saya cuma berpesan, agar dirawat dan dijaga semua fasilitas yang sudah dibangun,” harap disampaikan Cen Sui Lan. (rep1)