Jangan Larut Dalam Kebanggaan, Danlantamal IV Ambil Sumpah 250 Siswa Dikmaba dan Dikmata

Danlantamal IV Batam, Laksma TNI Tjatur Soniarto CHRMP MTr Opsla (memeriksa barisan siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL angkatan ke-43 tahun 2023 di Satdik 1 Tanjunguban, Kepulauan Riau, Kamis (20/7/2023). (F. amr)

BATAM (Kepri.co.id) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam, Laksma TNI Tjatur Soniarto CHRMP MTr Opsla, mengambil sumpah 250 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL angkatan ke-43 tahun 2023 Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Tanjunguban, Kepulauan Riau, Kamis (20/7/2023).

Upacara pelantikan dan penyumpahan 110 siswa Dikmaba dan 150 Dikmata tersebut, dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Letjen TNI Mar Suhartono.

Setelah resmi menyandang pangkat sersan dua dan kelasi dua, seluruh siswa yang merupakan pria berasal dari kawasan Indonesia Barat yakni Belawan, Padang, Kepri dan Pontianak tersebut, menjadi kekuatan baru TNI AL di bidang personel.

BACA JUGA:   Jalan Kaki sampai Menyeberangi Danau

Dankodiklatal menegaskan, siswa yang dilantik hari ini jangan larut dalam kebanggaan menjadi anggota TNI AL. Meskipun sudah menyandang  pangkat, status mereka masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan sebaik-baiknya.

Namun yang perlu diperhatikan siswa, menurut Dankodiklatal, menjaga pola sikap dan pola tindak tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan turunnya sanksi, karena tidak cakap melanjutkan pendidikan disebabkan faktor moral, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani yang kurang.

BACA JUGA:   RSBP Batam Miliki Layanan Aritmia dan Ablasi Jantung

“Untuk itu, tetaplah disiplin dan selalu mentaati peraturan yang berlaku serta semangat untuk mengikuti semua materi pendidikan yang diberikan, agar kalian nanti benar-benar menjadi prajurit TNI ALprofesional, modern dan tangguh. Bisa dibanggakan masyarakat, bangsa, dan negara serta siap melaksanakan penugasan di satuan ataupun di daerah operasi,” tegas Dankodiklatal.

Dankodiklatal juga berpesan, supaya mereka terus mengasah kemampuan dan kepintaran, untuk kemajuan pendidikan selanjutnya yakni pendidikan dasar golongan lanjutan (Diksargolan) selama kurang lebih dua bulan sebelum ditugaskan di satuan, KRI atau daerah operasi.

BACA JUGA:   BP Bangun Jalan Komplek Rumah Contoh Warga Terdampak Rempang Eco-City

Turut hadir pada upacara pelantikan tersebut Dirdik Kodiklatal, Dirum Kodiklatal, Ir Pangkogabwilhan I, Kapok Sahli Pangkoarmada I, Danrem 033/WP, Danlantamal I, II, dan XII atau yang mewakili, serta jajaran Forkopimda Kepri yang turut mengikuti upacara tersebut. (amr)