Kebutuhan Zaman, Pemko Latih Pelaku Usaha Digitalisasi Marketing

Sekdako Batam, Jefridin Hamid MPd dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina foto bersama peserta pelatihan digitalisasi marketing di Hotel Planet Holiday, Senin (19/2/2024). (F. rud/ bp batam)

BATAM (Kepri.co.id) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, melatih pelaku usaha digitalisasi marketing di Hotel Planet Holiday, Senin (19/2/2024).

Pelatihan digitalisasi pemasaran dengan tema “Engagement Media Sosial Kunci Penjualan Meroket” tahun 2024 ini, untuk memenuhi kebutuhan zaman di era revolusi industri 4.0 yang ditandai digitalisasi informasi.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin Hamuid MPd mewakili Walikota Batam, Muhammad Rudi mengemukakan pentingnya pelatihan ini bagi pelaku usaha. Pelatihan digitalisasi pemasaran ini, diikuti 400 pelaku usaha di Kota Batam.

“Saya atas nama Walikota Batam, H Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Disperindag Kota Batam, mengeyelenggarakan pelatihan ini,” ujar Sekdako.

BACA JUGA:   BP Batam Ungkap Tiga Solusi Kelangsungan Suplai Air Bersih

Dengan digitalisasi pemasaran ini, minda Sekdako, dapat mempermudah dan memperlancar pelaku usaha melakukan pemasaran produknya. Itu sebabnya, Sekdako mengajak peserta memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan berkembang.

Menurutnya, kemajuan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk memudahkan pekerjaan, termasuk melakukan pemasaran/ marketing.

Digital marketing menjadi solusi pemasaran yang lebih modern dan sesuai tujuan bisnis. Pemasaran secara digital, menjadi metode baru yang sangat berperan penting memasarkan suatu bisnis, terutama jual beli online (online shop).

“Dengan digital marketing, pelaku usaha dapat membangun dan meningkatkan produk bisnisnya,” jelas Jefridin.

BACA JUGA:   Bapak Nodai Anak Kandungnya di Tanjungriau

Oleh karena itu, lanjut Sekdako, pelaku usaha harus memahami betapa pentingnya digital marketing. Melalui pemasaran secara online, menurutnya, banyak keuntungan dan kemudahan yang diperoleh pelaku usaha.

Selain itu, pentingnya digital marketing, karena dapat menekan biaya pemasaran, meminimalisir risiko usaha, dan dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas. Sehingga, perkembangan usaha lebih cepat.

“Pelaku usaha tidak perlu lagi memikirkan tempat usaha, karena tempat usaha dibutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Seperti sewa ruko, membayar listrik hingga karyawan. Dengan melakukan pemasaran digital, Bapak/ Ibu dapat memasarkan secara online, dan jangkauannya lebih luas,” terang Sekdako.

BACA JUGA:   Banyak Wisatawan Enggan Berfoto Latar Belakang WTB

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina Rudi sekaligus Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina, mengapresiasi dan berterima kasih, Pemko Batam mendukung pelaku usaha di Kota Batam dengan memberikan pelatihan.

Harapannya, sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam, seluruh pelaku usaha di Kota Batam dapat mengikuti pelatihan yang diberikan dalam rangka kemajuan pelaku usaha di Kota Batam.

“Manfaatkan kesempatan dan peluang ini sebaik-baiknya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan semangat menjalankan usaha. Dengan begitu, pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas usahanya memperoleh keuntungan lebih baik,” ucapnya. (rud)