Tak Lama Lagi, Poltek Golden Internasional Batam Beroperasi

Tim LL Dikti Wilayah X Kemendikbud Ristek melakukan pengecekan berkas Yayasan Golden School Batam yang mengajukan pendirian Poltek Golden Internasional Batam, Kamis (15/12/2022). (F. asa)

BATAM (Kepri.co.id) – Tak lama lagi sebuah perguruan tinggi swasta yaitu Politeknik (Poltek) Golden Internasional Batam beroperasi. Poltek ini tiga program disiplin ilmu (prodi) yaitu digital bisnis, teknik komputer, dan teknik informatika.

Pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), selaku lembaga yang merekomendasikan berdirinya perguruan tinggi, sudah turun ke Poltek Golden Internasional Batam untuk mengecek berkas dan kondisi fisik kampus, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Makan Sepuasnya hanya Rp69 Ribu di Hotel Golden View

Tiga orang dari LL Dikti Wilayah X Kemendikbud Ristek yang turun yakni Sub Koordinator Kelembagaan, Tetri Aida SE MM; Analis Organisasi Perguruan Tinggi, Adek Irma SH; dan Pengevaluasi dan Penilaian Kinerja, Syahril SH.

“Kedatangan LL Dikti Wilayah X ke Poltek Golden Internasional Batam, untuk mengecek berkas yang kami ajukan via online pada 15 November 2022 lalu ke LL Dikti Wilayah X. Hasil pengecekan, ada beberapa yang harus kami lengkapi segera,” ujar Ketua Pembina Yayasan Golden School Batam menaungi Poltek Golden Internasional Batam, Indra Nara Persada SE MM di Batam Center, Jumat (16/12/2022).

BACA JUGA:   BP Rekrut 45 Pemuda Tempatan Bertugas di Rempang
Tim LL Dikti Wilayah X Kemendikbud Ristek dan pihak Yayasan Golden School Batam yang menaungi Poltek Golden Internasional Batam makan bersama satu meja, Kamis (15/12/2022). (F. asa)

Dokumen yang harus dilengkapi, lanjut Indra, antara lain statuta (anggaran dasar perguruan tinggi), borang yaitu alat untuk mengumpulkan dan mengungkapkan data dan informasi yang digunakan oleh BAN PT/ Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan surat keterangan izin domisili dari RT/ RW bagi dosen ijazahnya di luar Kepri yang berkeinginan menjadi dosen tetap di Poltek Golden Internasional Batam.

“Berikuitnya yang harus kami lengkapi lagi, perjanjian kerja sama dengan perusahaan yang ada di Batam untuk menunjang Poltek Golden Internasional Batam. LL Dikti Wilayah X juga mensyaratkan, harus mempunyai laboratorium dan perpustakaan minimal 200 judul,” ungkap Indra.

BACA JUGA:   Medco Power dan Telkom Group Kembangkan Bisnis Hyperscale Data Center di Batam

Kalau semua kekurangan tersebut telah lengkapi, terang Indra, kemudian dikirim kembali via online ke LL Dikti Wilayah X. Setelah semua lengkap, baru LL Dikti Wilayah X mengeluarkan rekomendasi izin Poltek Golden Internasional Batam ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

“Oleh Kemendikbud Ristek turun lagi ke Poltek Golden Internasional Batam melakukan verifikasi faktual. Kalau semua oke, baru izin ke luar dan bisa menerima mahasiswa/ wi baru,” jelas Indra.

Dalam kesempatan ini, pinta Indra, mohon doa masyarakat Batam khususnya dan Kepri umumnya, agar izin operasional Poltek Golden Internasional Batam ini cepat selesai.

BACA JUGA:   Regency Luncurkan Teknologi Biplane Angiography, Sempena Peringati International Women’s Day

“Kita ingin membuka poltek sesuai dengan perkembangan zaman revolusi industru 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi dari semua aspek. Prodi yang kami buka digital bisnis, teknik komputer, dan teknik informatika semua berorientasi menjawab tantangan dan kebutuhan zaman,” ujar Indra.

Jika Poltek Golden Internasional Batam telah beroperasi, kata Indra, generasi muda Batam khususnya dan Kepri umumnya tak perlu lagi jauh-jauh menempuh perguruan tinggi ke luar Provinsi Kepri. Sebab, sudah ada pilihan perguruan tinggi yang bisa menjawab kebutuhan zaman.

“Zaman dan teknologi terus berkembang, kita harus ikuti sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman tersebut. Salah satu solusi mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan zaman, nantinya dari jebolan Poltek Golden Internasional Batam,” visi Indra. (hen)