Gus Islah Road Show Sambut Haul ke-13 Gus Dur di Kepri

F. dok gus far

BATAM (Kepri.cjo.id) – Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Provinsi Kepri, menggagas road show haul ke-13 Gus Dur di Provinsi Kepulauan Riau dari 16 hingga 21 Desember 2022.

Penceramah tunggal road show ini, KH Dr Islah Bahrawi MA yang dikenal dengan Gus Islah. Sedangkan tema road show, persatuan dan solidaritas bersama untuk negeri tercinta Indonesia.

Baca Juga: Antisipasi Bom Bunuh Diri, Majelis Dzikir Rijalul Ansor Undang Tim Ahli Penanggulangan Terorisme

Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Provinsi Kepri, Umar Faruq, mengatakan, mengundang Gus Islah sebagai penceramah karena Gus Islah merupakan tim ahli pencegahan radikalisme, ekstremisme, dan terorisme Mabes Polri.

“KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur kita kenal dengan jargon Islam rahmatan lil alamin. Lewat road show haul ke-13 ini, kita mempertahankan Batam yang aman, kondusif, dan ramah,” ujar Gus Far yang juga Ketua Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Provinsi Kepri di Batam Center, Sabtu (17/12/2022).

Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Provinsi Kepulauan Riau, Umar Faruq bersama Yeni Wahid putri mantan Presiden RI, Gus Dur. (F. dok gus far)

Batam sebagai kota industri tempat berbagai suku, agama, dan ras mencari nafkah kehidupan, kata Gus Far, harus senantiasa disirami ceramah-ceramah kebhinekaan, agar persatuan dan kesatuan Batam khususnya dan Kepri umumnya tidak tercerai-berai.

“Itu sebabnya, kami undang Gus Islah untuk mengikis paham-paham atau ajaran radikalisme dan terorisme. Kita tidak mau Batam yang sudah kondusif dan ramah ini, ternodai oknum paham takfiri,” jelas Gus Far jebolan Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur ini.

Apalagi, lanjut Gus Far pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Nurut Taubah Nongsa, Kota Batam ini, Batam berada di perbatasan Singapura dan Malaysia.

Dari kiri ke kanan: Umar Faruq alias Gus Far, Gus Islah Bahrawi, Kombes Pol Ervindo Maulana SE MM Kasatgaswil Densus 88 AT Polri, Wakasatkorwil Banser Kepri Bambang Yulianto SH. (F. dok gus far)

“Kita harus melawan paham radikalisme dan terorisme dari semua aliran dan agama. Kita undang langsung Gus Islah sekalian haul ke-13 Gus Dur,” ungkap Gus Far yang juga Ketua Bidang Keagamaan Forkom Sejatim Kota Batam ini.

Pesan yang ingin disampaikan dalam road show haul ke-13 Gus Dur di Kepri, ungkap Gus Far, ingin Islam bersatu dan Indonesia wajib damai.

Terpisah, Gusdurian Kota Batam, Dwi Suryo Putro, menyambut gembira dan antusias kedatangan Gus Islah dalam road show haul ke-13 Gus Dur.

“Diminta atau tidak, kami terlibat kegiatan tersebut. Ini merupakan kegiatan positif untuk bangsa dan negara,” ujar Dwi Suryo Putro yang juga Bendahara Pengurus Cabang NU Kora Batam ini. (asa)