Sumut  

Majukan UMKM dan Budaya, Pemkab Paluta Perkenalkan Sirup Balakka

Sirup balakka yang dipegang penjual ini, khas produk UMKM Padang Lawas Utara. Sirup balakka ini sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. (F. roji)

PALUTA (Kepri.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas Utara (Paluta), memperkenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan budaya Paluta diajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49.

Pembukaan PRSU ke-49 ini dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Jalan Gatot Subroto Kota Medan, Jumat (16/6/2023) malam. Pelaksanaan PRSU mulai 16 Juni hingga 17 Juli 2023.

Baca Juga: dua-pemkab-teken-mou-bangun-gedung-mapolres-tapsel-dan-mapolres-paluta

Bupati/ walikota se-Sumut tampak hadir di pembukaan PRSU yang mengambil tema “Berikan Cerita Terbaikmu” ini. Termasuk Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi.

“Kita bangga PRSU kembali dibuka setelah sempat vakum tiga tahun, karena kedatangan tamu pandemi Covid-19. Semua kita tahu, kita dalam kondisi kalut saat itu,” ujar Andar.

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi (tiga kiri) saat meninjau paviliun Paluta di ajang PRSU ke-49 di Jalan Gatot Subroto Kota Medan, Jumat (16/6/2023). (F. roji)

Dalam PRSU ini, setiap daerah di Sumut memamerkan produk lokal dan hasil industri. Tak ketinggalan juga dengan Kabupaten Paluta.

Di paviliun Paluta, berbagai macam jenis produk lokal dijajakan. Mulai dari dodol alame, sirup balakka, batang balakka (holat), gula merah, keripik, Naek Coffe cita rasa kenikmatan kopi Desa Parigi, hingga jenis makanan lainnya.

Ada juga produk kerajinan tangan kain tenun dan batik. Tak ketinggalan juga pertunjukan adat budaya Paluta.

Bupati Paluta, Andar Amin saat mengunjungi paviliun Paluta, menyebutkan, kegiatan ini salah satu partisipasi Pemkab Paluta memajukan UMKM, sekaligus memperkenalkan identitas Paluta.

“Ini wadahnya memajukan UMKM, sekaligus memperkenalkan atau membumikan identitas Paluta melalui makanan, kerajinan, dan kebudayaan. Kita berharap ada perputaran ekonomi,” harap Andar.

Inilah stand Kabupaten Paluta di ajang PRSU ke-49 di Jalan Gatot Subroto Kota Medan. (F. roji)

Dapat diartikan, kata Andar, PRSU merupakan ajang memperkenalkan dan mengembangkan hasil industri serta produksi daerah.

Selain itu, membantu mengusahakan pemasaran hasil produksi daerah, dalam rangka peningkatan produksi dan mengembangkan kepariwisataan. (roji)