Harga Tiket ke Natuna Mahal, Cen Sui Lan: Tolong Bu Dirjen Diturunkan Terjangkau

F. dok csl

JAKARTA (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri prihatin tingginya tiket pesawat ke Natuna, daerah utara terluar Indonesia.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dirjen Perhubungan Udara, Cen Sui Lan berkali-kali mengusulkan subsidi dan penyesuaian tiket pesawat Natuna agar diturunkan dan terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga: Pakai Kapal Produksi Batam, Cen Sui Lan dan Dirjen Hubdat Luncurkan Roro Rute Tanjungpinang-Natuna

Hal itu disampaikan Cen Sui Lan saat RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni dengan agenda evaluasi pelaksanaan APBN 2023 dan membahas renacana alokasi anggaran menurut fungsi progam dan prioritas tahun anggaran 2024 di Gedung Komisi V DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

BACA JUGA:   Pengamanan Diperketat, Itwasum Mabes Polri Cek Gudang KPU

“Tiket pesawat Natuna mahal sekali. Kalau mereka mau ke Jakarta pulang pergi Rp8 juta. Sama halnya kita mau ke Papua, sangatlah tidak masuk akal. Tiket pesawat dari Natuna – Batam dengan harga Rp2,5 juta,” ujar Cen Sui Lan miris.

BACA JUGA:   Ruko Kos Sekaligus Kantor Travel Umroh Terbakar

“Mohon Bu Dirjen tindak lanjuti, karena ini sudah berkali-kali saya sampaikan. Namun belum ada tindak lanjutnya. Bagaimana kita mau menggaungkan dan mengembangkan perekonomian daerah, kalau transportasi masyarakat sangatlah memberatkan dan mahal,” ucap Cen Sui Lan peraih penghargaan Golkar Media Awards 2023 Kategori Konten Terbaik ini.

Sebagaimana diketahui, saat ini naik pesawat bukan hal mewah tetapi kebutuhan. Apalagi, bagi masyarakat di Natuna daerah perbatasan Indonesia, penerbangan di Natuna itu, kata Cen Sui Lan, sangat diperlukan dikarenakan kalau akses laut bisa ber jam–jam dan bisa satu hari di laut. Sehingga, sangat tidak efisien dan waktu habis terbuang di perjalanan, apabila menggunakan transportasi laut.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Terima Penghargaan Pembina Kabupaten/ Kota Peduli HAM

“Tolong diprioritaskan Bu Dirjen, kalau perlu sama-sama kita ke Natuna untuk mengetahui kondisi langsung bagaimana masyarakat, merasakan akses transportasi yang mahal tersebut, saya undang ibu,” ujar Cen Sui Lan menunjukkan keberpihakannya pada daerah pemilihan Kepri, yang mengusungnya ke Senayan. (asa)