Syarat Lengkap, Cen Sui Lan Desak Menteri PUPR Wujudkan Pembangunan Krematorium Terbesar di Kepri

JAKARTA (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mendesak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Mulyono segera mewujudkan pembangunan krematorium (pembakaran mayat) terbesar se-Kepri di Batam.

Pembangunan krematorium terbesar di Kota Batam ini, berawal ketika Cen Sui Lan anjang sana ke Kantor Yayasan Sosial Budi Bakti, dalam kegiatan kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) April 2022 lalu.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyerahkan dokumen kelengkapan pembangunan krematorium terbesar se-Kepri di Batam kepada Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyono saat raker Komisi V dan Menteri PUPR di Ruang Rapat Komisi V Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Dari kundapil tersebut, menjadi salah satu usulan Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR. Meskipun lahan pembangunan krematorium terbesar tersebut, sudah tersedia 2 hektare di Batuaji, namun masih harus memenuhi syarat dan kelengkapan lainnya.

“Persyaratan dan kelengkapan sudah dipenuhi. Sudah saya serahkan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyono. Tahun anggaran 2023 akan dibangun,” ungkap Cen Sui Lan kepada wartawan, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Cen Sui Lan “Cium” Anggaran Aneh di BMKG, Minta Anggaran Radar MS-2 di Natuna Jangan Diganggu

Cen Sui Lan menyerahkan dokumen usulan pembangunan krematorium terbesar dan termegah tersebut, saat rapat kerja Komisi V dan Menteri PUPR di Ruang Rapat Komisi V Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Seperti diketahui, inisiatif pembangunan krematorium terbesar di Kepri ini berawal dari aspirasi yang diterima Cen Sui Lan dari Rudy Tan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial Budi Bakti. Rudy Tan juga sekaligus sebagai pengelola krematorium.

Baca Juga: Cen Sui Lan Sponsori Lomba Karaoke Lagu Mandarin Memperingati Hari Ibu

Selain Rudy Tan, turut juga menyampaikan aspirasi yakni Bambang Suherman SE agai Ketua Umum Yayasan Sosial Budi Bakti dan Herdiyanto selaku Tenaga Ahli DPR RI.

Salah satu alasan Cen Sui Lan menerima aspirasi pembangunan krematorium yang lebih besar, guna memenuhi layanan sosial. Sekaligus ikon wisata baru di Batam.

Baca Juga: Airlangga Bantu Rp100 Juta Vihara se-Kepri, Dititip Lewat Cen Sui Lan

Singkat cerita, usulan ini dibawakan Cen Sui Lan ke Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulyono. Kemudian, mendatangi Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama, Nyoman Suriadarma, guna mendapatkan rekomendasi pembangunan krematorium di Kementerian Agama. Rekomendasi tersebut sudah diterbitkan tanggal 26 April 2022.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri saat kundapil April 2022 lalu, menerima aspirasi pembangunan krematorium terbesar di Batam dari Rudy Tan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial Budi Bakti (kiri baju biru) .

“Saat raker Komisi V DPR RI, Pak Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono sepakat akan membangun krematorium di Kota Batam,” jelas Cen Sui Lan, sebagai Penasihat IKA Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Raker tersebut, membahas Rencana Kerja Pemerintah Kementerian PUPR tahun anggaran 2023, dan evaluasi kegiatan tahun anggaran 2022.

Diungkapkan Cen Sui Lan, saat pandemi Covid-19 lalu, dirinya dengan Basuki Hadi Mulyono sudah pernah melakukan diskusi tentang pembangunan krematorium di Batam.

“Saat itu, Pak Basuki meminta saya agar mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Agama. Karena fungsi krematorium ada di Kementerian Agama. Sedangkan pembangunan fisik ada di Kementerian PUPR,” ujar Cen Sui Lan, Wakil Bendahara Umum DPP Al-Hidayah tersebut.

Cen Sui Lan yang juga menjabat Dewan Kehormatan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri, ini menambahkan, pembangunan krematorium terbesar dan termegah di Batam bakal menjadi destinasi wisata baru. (rep2)