Ini Baru Wakil Rakyat, Reses Cen Sui Lan ke Anambas Berbuah Pembangunan Pelabuhan Roro Senilai Rp175 Miliar

BATAM (Kepri.co.id) – Reses Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) ke Kabupaten Kepulauan Anambas, bukan sekadar gugur kewajiban.

Namun, reses Cen Sui Lan ke kabupaten pulau terluar Provinsi Kepri ini, berbuah pembangunan dua pelabuhan kapal roll on roll off (roro) di Kabupaten Kepulauan Anambas segera terwujud. Nilai anggaran kedua pelabuhan roro tersebut mencapai Rp175 miliar.

“Harus ada keinginan politik yang kuat (political will) mengangkat harkat dan martabat masyarakat kita di pulau-pulau terluar. Nanti, setelah wujud pembangunan roro, diharapkan memperlancar arus barang dan orang,” ujar Cen Sui Lan kepada wartawan di Batam Centre, Kamis (11/8/2022).

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau pelabuhan di Kabupaten Kepulaua Anambas saat reses di kabupaten kepulauan terluar Provinsi Kepri, baru-baru ini.

Kondisi Kepri yang 96 persen wilayahnya lautan, memang aku Cen Sui Lan, salah satu konektivitas yang dikembangkan adalah roro. Sehingga, kebutuhan pokok baik dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat melalui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Tanjungjabung Barat, Jambi atau kebutuhan pokok dari Karo, Sumatera Utara melalui pelabuhan roro di Siak, Pekanbaru bisa terdistribusi ke Kepri jika armada dan pelabuhannya siap.

“Itu sebabnya, konsen saya untuk Kabupaten Kepulauan Anambas pembangunan dua dermaga roro. Jika fasilitasnya siap, pekerjaan berikutnya memperbanyak armada kapal roro. Sehingga, kebutuhan pokok, material bangunan, kendaraan, dan lainnya bisa hilir mudik ke luar masuk Anambas,” harap Cen Sui Lan.

Baca Juga: Syarat Lengkap, Cen Sui Lan Desak Menteri PUPR Wujudkan Pembangunan Krematorium Terbesar di Kepri

Sejak tahun anggaran 2021 lalu, Cen Sui Lan terus mendesak agar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI, Komjen Budi Setiawan merealisasi pembangunan tiga pelabuhan di wilayah terdepan Provinsi Kepri. Tiga pelabuhan kapal roro penyeberangan wilayah terdepan ini, berada di Kabupaten Anambas dan Natuna.

Cen Sui Lan menginginkan agar tiga pelabuhan wilayah terdepan NKRI di Provinsi Kepri, ini dibangun tahun anggaran 2022. Tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah terdepan NKRI, ini sangat diperlukan masyarakat Kepulauan Riau.

Tiga pelabuhan penyeberangan itu yaitu pelabuhan penyeberagan di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pelabuhan penyeberangan di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Serta pelabuhan penyeberangan di Serasan, Kabupaten Natuna.

Baca Juga: Cen Sui Lan “Marah” ke Menteri PUPR, Sisa 3 Km Jalan Nasional di Barelang Tolong Diselesaikan

Tiga pelabuhan penyeberangan itu selain berfungsi untuk sarana berlabuh kapal roro, juga berfungsi untuk kapal penumpang Pelni dan kapal pesiar. Hal ini telah disampaikan Cen Sui Lan kepada Dirjen Hubdat Kemenhub RII, saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kemenhub.

Sebagai tindak lanjut usulan tersebut, Cen Sui Lan memimpin rapat koordinasi dalam menyerap aspirasi pembangunan Kabupaten Anambas dari Bupati Anambas, Abdul Haris. Sekaligus mendengar presentasi dari mitra Komisi V DPR RI yang dibawa Cen Sui Lan ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Mitra itu terdiri Pejabat Tinggi Pratama Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Selain itu, turut hadir Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Serta Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Ditjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan, dan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan RI. BMKG dan Basarnas juga turut serta dalam rakor apenyerapan aspirasi, di Ruang Rapat Kantor Bupati Anambas, Kamis (4/8/2022) lalu. (Lee)