Aspirasi Cen Sui Lan Pembangunan Dua Pelabuhan Roro di Anambas Senilai Rp175 Miliar, Dimulai Anggaran 2023

BATAM (Kepri.co.id) – Reses Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar daerah pemilihan Kepri ke Anambas akhir pekan lalu, berkesempatan mendengarkan presentasi dan pemaparan Kepala Balai Pelaksana Transportasi Darat (BPTD) Kepri-Riau Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan, Yugo Antoro tentang rencana pembangunan pelabuhan penyeberangan di Siantan (Tarempa), dan Pulau Jemaja (Letung), Kabupaten Anambas.

“Dua pelabuhan penyeberangan roro di Kabupaten Anambas segera dimulai proses pembangunannya tahun anggaran 2023, dengan total anggaran Rp175 miliar,” ungkap Cen Sui Lan.

Baca Juga: Ini Baru Wakil Rakyat, Reses Cen Sui Lan ke Anambas Berbuah Pembangunan Pelabuhan Roro Senilai Rp175 Miliar

Cen Sui Lan merincikan, masing-masing untuk pelabuhan penyeberangan kapal roro Tarempa (Pulau Siantan) senilai Rp89 miliar. Pelabuhan penyeberangan roro di Pulau Jemaja (Letung) senilai Rp86 miliar. Masing-masing proyek ini dikerjakan dengan pola multi years contract (MYC) atau tahun jamak.

Pembangunan pelabuhan roro di Anambas ini, lanjut Cen Sui Lan, dimulai tahun anggaran 2023. Sekarang pihak Balai Pelaksana Transportasi Darat (BPTD) Kepri-Riau Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan dan Pemkab Anambas menyiapkan readiness criteria. Termasuk lahan clear dari Pemkab Anambas.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar DPR RI saat reses menerima aspirasi dari stakeholder Pemkab Kepulauan Anambas, Kepri baru-baru ini.

“Pertengahan tahun 2021 lalu, saya sudah minta Pak Hadi Candra Anggota DPRD Provinsi Kepri untuk berkoordinasi dengan Pak Abdul Haris menyiapkan semua persyaratan. Termasuk lahan dan persyaratan tekhnis lainnya,” jelas Cen Sui Lan yang juga Penasihat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Lemhannas Provinsi Kepri ini.

“Saya sebelumnya sudah memasukan dua pelabuhan penyeberangan di Kabupaten Anambas, ini sebagai program usulan sebagai Anggota Komisi V DPR RI pada awal tahun 2022, dan sudah masuk dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tahun anggaran 2023 di Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan,” sambungnya.

Sebelamnya, Cen Sui Lan intens berkomunikasi dengan Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan yang saat itu dijabat Budi Setiadi (mantan), sekarang Staf Utama Menteri Perhubungan.

Cen Sui Lan merasa bersyukur dan puas atas perjuangannya, untuk pembangunan penyeberangan di pulau-pulau Provinsi Kepri, agar konektivitas moda transportasi bisa disiapkan, sebagai bagian mata rantai pertumbuhan ekonomi di Kepri.

“Alhamdulillah, Rp175 miliar untuk pembangunan dua pelabuhan roro di Anambas, pada tahun anggaran 2023 nanti dimulai,” ujar Cen Sui Lan. (Lee)