Aunur Dampingi Ansar Kunker ke Jepang, Promosikan Potensi Kepri

Perbandingan Pengembangan Pelabuhan, Industri, Pariwisata, dan Budaya

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (tengah) didampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo (kiri) dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq melakukan kunjungan kerja mempromosikan potensi Kepri di Jepang, Rabu (6/12/2023). (F. hen/ pemprov)

JEPANG (Kepri.co.id) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun, Aunur Rafiq melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Senin (4/12/2023) sampai Sabtu (9/12/2023).

Kunker ini, dalam rangka perbandingan (benchmarking) pengembangan pelabuhan, kawasan industri, pariwisata, budaya, serta daerah pesisir. Gubernur dan rombongan, mempromosikan potensi Kepri.

“Ini sangat penting, guna menjajaki peluang kerja sama pengembangan dan investasi di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang,” ujar Gubernur Ansar, Rabu (6/12/2023).

Dalam kunker tersebut, ikut juga Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Wahyu Utomo.

BACA JUGA:   Pengamanan KTT G20, Polri Gunakan Pengenal Wajah

Kemudian Bupati Bintan Roby Kurniawan, Deputi I Badan Pengusahaan (BP) Batam, serta Kepala BP Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang. Selama kunker tersebut rombongan didampingi Konsulat Jenderal (Konjen) RI Osaka.

Kunker ini merupakan upaya mewujudkan salah satu visi Gubernur Ansar, yakni berdaya saing, merepresentasikan terwujudnya masyarakat yang sehat, birokrasi pemerintahan dan dunia usaha yang lebih mampu bersaing dan unggul di tingkat regional dan internasional.

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama kunjungan, antara lain melakukan pertemuan dengan Konjen RI Osaka.

Kemudian rombongan melakukan pertemuan ke Sakai Senboku Coastal Industrial Estate dan Senboku Port, untuk melihat pengembangan industri yang berkelanjutan dan energi terbarukan, sekaligus berdiskusi dengan pengelola kawasan terintegrasi tersebut.

BACA JUGA:   Lagi, Sembilan KK Pindah ke Hunian Sementara

Yang tak kalah penting, Gubernur Ansar memimpin rombongan melakukan kunjungan ke Ine Fishing Village di Kyoto, membahas tentang strategi pengembangan kampung nelayan di daerah pesisir.

Gubernur Ansar menyampaikan, kunker ini merupakan kesempatan mempromosikan potensi Kepri sebagai destinasi wisata dan investasi yang menarik bagi Jepang.

“Kita ingin menunjukkan bahwa Kepri memiliki banyak keunggulan, baik dari segi sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun infrastruktur. Kita juga ingin belajar dari Jepang, bagaimana mereka mengelola kawasan industri dan pelabuhan yang ramah lingkungan dan efisien,” tuturnya.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar dan Dubes RI untuk Singapura Perjuangkan Kebijakan VoA untuk Bintan

Gubernur Ansar berharap, kunker ini dapat membawa hasil yang positif bagi pembangunan dan kemajuan Kepri di masa depan.

“Kita berharap dapat menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan Jepang, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun pendidikan. Kita juga berharap, dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan kepercayaan antara Kepri dan Jepang,” pungkasnya. (hen)