Tambah Kapal Ro-Ro, Menhub dan Ansar Soft Launching KMP Bahtera Nusantara 03

Menhub, Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad; Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Chen Sui Lan; dan Kepala BP Batam yang juga Walikota Batam, Muhammad Rudi memberikan keterangan pers terkait soft launching KMP Bahtera Nusantara 03 di Dermaga Penyeberangan Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, Sabtu (4/2/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

BATAM (Kepri.co.id) – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad melakukan soft launching pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03, sebagai kapal penyeberangan roll on roll off (Ro-Ro) baru di Dermaga Penyeberangan Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, Sabtu (4/2/2023).

Kapal berukuran 1.500 gross ton (GT) yang memiliki spesifikasi panjang 71,92 m, lebar 14 meter, tinggi 4,6 meter, kecepatan di atas 15 knot, mampu mengangkut penumpang 386 orang, 24 orang anak buah kapal (ABK), 14 kendaraan truk besar, 12 truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda empat ini, nantinya akan melayani lintas Tanjunguban – Tambelan – Sintete – Sambas, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Ansar Paparkan Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Kepri, di Hadapan Presiden dan Menteri

BACA JUGA:   Rudi Tawarkan University of Nottingham Inggris Buka Universitas di Batam

Menurut Menhub, Budi Karya Sumadi, kehadiran kapal penyeberangan ini akan mempermudah mobilitas masyarakat yang akan melakukan penyebrangan. Sekaligus membuka akses lebih luas lagi khususnya untuk wilayah kepulauan, perbatasan dan 3T yakni tertinggal, terluar, dan terdepan.

“Kota Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura, menjadi salah satu prioritas pemerintah melalui Kemenhub, untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut, agar makin banyak terangkai satu pulau dengan pulau lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Laporan Ajun Di-SP3-kan Polda Kepri, Pengacara Nilai Ada Keanehan dan Tempuh Prapradilan
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi didampingi Gubenur Kepri, Ansar Ahmad dan Kapolda Kepri, Irjen Pol Tabana Bangun mendengarkan penjelasan KMP Bahtera Nusantara 03 di Dermaga Penyeberangan Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, Sabtu (4/2/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

Ditambahkan Menhub, ini juga sesuai yang diarahkan Presiden Joko Widodo untuk terus membuka akses pelabuhan dan dermaga, guna merangkai pulau-pulau yang ada di Indonesia.

“Penambahan kapal baru ini, diyakini akan memberikan multiplier effect, bagi perekonomian masyarakat. Karena banyak kegiatan terusan yang bisa di-handle masyarakat, dengan bertambahnya armada baru, yang akan mengelilingi lingkar utara Kepri ini,” harap Menteri.

Sementara itu, Gubernur Ansar di tempat yang sama, mengatakan, beroperasinya KMP Bahtera Nusantara 03 secara langsung, akan melengkapi keberadaan kapal KMP Bahtera 01 yang selama ini telah beroperasi melayani masyarakat Kepri dan sekitarnya.

BACA JUGA:   Ikabsu Provinsi Kepri Jalin Kerja Sama dengan KMP PT Damai Lautan Nusantara, Buka Tol Laut Batam - Belawan - Jakarta

Baca Juga: Ansar Fokus Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

“Penambahan kapal baru ini, pastinya memberikan banyak pilihan masyarakat, dalam menunjang aktivitas bisnis dan usahanya,” jelas Ansar.

Seperti dikethaui, KMP Bahtera Nusantara 03 ini pengerjaannya dilakukan anak negeri malalui PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah membuat kapal ini. Di mana, pengerjaan dan penyelesaiannya dilaksanakan tepat waktu. (asa)