Dianggarkan Rp1 Miliar, Cen Sui Lan Minta Mendes PDTT Lebihkan Dana Desa di Kepri

Beda Karakteristik dengan Desa di Daratan

JAKARTA (Kepri.co.id) – Bantuan dana desa yang dianggarkan pemerintah selama ini besarnya Rp1 miliar, dinilai tak pas untuk desa di Kepulauan Riau (Kepri) yang geografisnya dipisahkan lautan.

“Dana desa di Kepri yang karakteristiknya terdiri dari pulau-pulau, faktor transportasi orang, barang, dan jasa sulit tentu berbeda dengan desa di daratan,” ujar Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Itu sebabnya, kata Cen Sui Lan, ia meminta dana desa untuk Kepri harus dilebihkan dari desa di daratan.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Permintaan Cen Sui Lan untuk dapilnya ini, disampaikan langsung kepada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar saat rapat kerja (raker) antara Komisi V DPR RI dan Mendes PDTT di ruang rapat Komisi V Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Dalam raker dengan Mendes PDTT tersebut, Cen Sui Lan menjelaskan dan meminta pertimbangan, agar dana desa untuk pemerintah desa di wilayah Kepri ditambah atau dinaikkan nilainya.

Baca Juga: Kaget di Lingga Ada Miskin Ekstrem, Cen Sui Lan Gerak Cepat Atasi Pakai Dana Aspirasi

Seperti diketahui, pembangunan desa di wilayah kepulauan seperti Kepri, tidak sama kondisinya pada desa di wilayah daratan.

Berdasarkan demografi dan geografi, jelas Cen Sui Lan, desa-desa yang ada di Kepri banyak yang berbatasan atau bersebelahan dengan desa lain itu, berupa laut. Desa di Kepri itu antarpulau, sehingga transportasi sulit.

“Pak Menteri, desa di dapil saya itu diperlukan perlakukan dan perhatian khusus. Tak boleh bantuan dana desa di Kepri, disamakan dengan desa-desa di provinsi lain. Kalau provinsi lain, desa-desanya daratan. Akses transportasi mudah,” ujar Cen Sui Lan.

Secara arif dan bijaksana, Cen Sui Lan meminta pertimbangan dan solusi, agar pemerintah desa yang ada di Kepri, dilakukan pembangunan secara merata dengan desa di wilayah daratan. Dalam artian, bantuan dana desa harus berdasarkan proporsional kondisi geografis daerah.

“Dana desa yang selama ini Rp1 miliar untuk desa-desa di Kepri, itu harus dinaikkan. Jika ada program pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan Kemendes PDTT, diharapkan lebih memperkuat BUMDes-BUMDes yang ada di Kepri. Agar dananya efektif dan berdayaguna,” ujar Cen Sui Lan kepada Mendes PDTT. (rep1)