Sumut  

Si Jago Merah Lalap 17 Rumah dan 12 Kios di Pasar Langkimat

Seorang warga membantu menyelamatkan barang dari amukan si jago merah yang melalap rumah dan kios di kawasan Pekan Sabtu, Desa Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Paluta, Kamis (1/9/2022). (F. roji)

PALUTA (Kepri co.id) – Sejumlah warga digegerkan insiden kebakaran hebat melanda belasan rumah dan kios di kawasan Pekan Sabtu, Desa Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 10.15 WIB.

Tak tanggung-tanggung, akibat insiden nahas tersebut, total ada 17 unit rumah milik warga dan 12 kios di Pasar Langkimat, ludes dilalap api. Tak ayal, warga di sekitar lokasi berhamburan ke luar rumah, membantu pemadaman api.

Baca Juga: 120 Peserta Taklukkan Tantangan Ekstrim, Cross Country PMI Paluta

BACA JUGA:   Pj Gubsu Lantik Patuan Sebagai Pj Bupati Paluta

Informasi diperoleh, personel Polsek Padang Bolak dan Polsubsektor Simangambat langsung terjun ke tempat kejadian perkara (TKP).

Si jago merah meludeskan 17 unit rumah milik warga dan 12 kios di Pasar Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 10.15 WIB. (F. roji)

Selain itu, satu unit mobil tangki Manggala Agni, dua unit mobil tangki perusahaan PT ANJ, dan satu unit mobil tangki perusahaan SSN, diterjunkan ke lokasi guna membantu proses pemadaman api.

Setelah berjibaku melawan api, akhirnya berhasil dipadamkan. Masyarakat pemilik rumah yang terbakar, tampak berada di sekitar puing-puing kebakaran, guna menyelamatkan barang-barang berharga. Personel TNI/Polri, Manggala Agni, dan Perkebunan ANJ serta SSN juga membantu warga sekitar.

BACA JUGA:   Kodam I Bukit Barisan Expo 2023, Pemkab Paluta Pamerkan Batik Tulis Candi Portibi
F. roji)

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar, merinci, rumah yang terbakar yakni Dumanggor Hasibuan (70), Rohana Harahap (37), Morris Hasibuan (29), Siti Aja Harahap (67), Kamal Dalimunthe (57), Pahrum Siregar (38), dan Yusni Dalimunthe (54).

“Kemudian, Mara Naek (56), Hendri Siregar (19), Adi (37), Ucok (40), Oppung Lomlom (70), Rahang Harahap (38), Komar Lubis (27), Pitra Hasonangan Harahap (28), Sahril Napitupulu (35), dan Fahrum Siregar (42),” jelas Kapolsek.

BACA JUGA:   Dukung Gibran Jadi Bacawapres, Santri Muda Paluta Sumbang Dana

Baca Juga: Bupati Paluta Berikan Kue “Kejutan” HUT Hari Bhakti Adhyaksa

Selain itu, terang Kapolsek, 12 pintu kios di Pekan Sabtu atau Pasar Langkimat, turut hangus terbakar. Akibat peristiwa tersebut, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp2 miliar. Untuk penyebab kebakaran, masih dalam penyelidikan.

“Guna kepentingan penyelidikan, sejumlah barang bukti diamankan. Antara lain, dua buah broti yang sudah terbakar, dua buah papan yang sudah terbakar, dan sebuah seng yang sudah terbakar,” pungkas Kapolsek. (roji)