Potret Zhejiang: Pesona Jalan Lurus Cangqiao yang Bersejarah di China Timur

Foto dari udara yang diabadikan menggunakan drone ini, menunjukkan pemandangan Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China Timur, Rabu (24/4/2024). (Xinhua/Weng Xinyang)

SHAOXING (Kepri.co.id – Xinhua) – Cangqiao Zhijie, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “Jalan Lurus Cangqiao”, merupakan sebuah situs sejarah dan budaya yang bercirikan rumah-rumah kuno dengan gaya unik di China Timur.

Sejumlah wisatawan terlihat di Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China Timur, Rabu (24/4/2024). (Xinhua/Weng Xinyang)

Mencakup area seluas 0,064 kilometer persegi, jalan sepanjang 1.500 meter ini, dapat ditelusuri kembali ke masa Dinasti Song (960-1279). Berbagai upaya restorasi dan perlindungan telah berlangsung di situs tersebut sejak 1990-an.

Seorang pramuniaga memandu pelanggan membayar kopi spesial yang dibumbui dengan arak beras kuning ,melalui ponselnya di sebuah toko di Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China Timur, Selasa (20/2/2024). (Xinhua/Weng Xinyang)

Diberi nama resmi Cangqiao Historical Street oleh UNESCO, situs ini dianugerahi Merit Award dari UNESCO 2003 Asia-Pacific Heritage Awards untuk Konservasi Warisan Budaya. (asa/ xinhua-news.com)

Orang-orang bersantai di sebuah kedai tehdi Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China Timur, Rabu (24/4/2024). (Xinhua/Weng Xinyang)

Seorang pelanggan membeli kopi spesial yang dibumbui dengan arak beras kuning di sebuah toko di Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China Timur, Rabu (13/3/2024). (Xinhua/Weng Xinyang)
BACA JUGA:   Ditreskrimum Polda Kepri Tangkap Warga Malaysia, Diduga Pengurus Pengiriman PMI Ilegal