Batam  

KPU Siapkan Mekanisme Khusus 1.444 Pemilih Disabilitas

BATAM (Kepri.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mencatat, ada sebanyak 1.444 pemilih disabilitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang di Kota Batam.

“Kami telah mempersiapkan sejumlah mekanisme khusus bagi pemilih disabilitas, agar dapat menyalurkan hak pilihnya,” ujar Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, Senin (25/9/2023).

Bukan itu saja, pemilih disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan pada saat memasuki bilik suara. Seperti dari pihak keluarga atau kerabat. “Pokoknya untuk disabilitas harus diperhatikan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Kantor Perwakilan BP Batam Diskusikan Akselerasi Kerja 2024-2025
Ketua KPU Kota Batam, Mawardi. (F. amr)

Dengan begitu, KPU Batam memastikan penyusunan tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemungutan suara mudah diakses pemilih disabilitas.

“TPS juga harus ramah dengan kaum disabilitas, mudah diakses, tidak menyulitkan mereka. Itu adalah indikator penyusunan TPS,” katanya.

BACA JUGA:   Diikuti Malaysia dan Singapura, Turnamen Golf Gubernur Kepri Rebut Tiga Mobil

Penyusunannya tetap sama, namun itu juga humanis untuk kaum disabilitas, bahkan boleh ada pendamping yang dipilih sendiri oleh mereka pada saat mencoblos.

Mawardi mengatakan, KPU Kota Batam kerap melaksanakan sosialisasi kepada setiap elemen masyarakat, terutama pemilih pemula dan disabilitas terkait penggunaan hak pilih dalam Pemilu mendatang.

BACA JUGA:   Aspirasi Cen Sui Lan Pembangunan Dua Pelabuhan Roro di Anambas Senilai Rp175 Miliar, Dimulai Anggaran 2023

Dengan begitu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat dapat menyukseskan pesta demokrasi Indonesia dengan tidak golput. (amr)