Bedah Rumah Seluruh Kepri, Kerja Nyata Dana Aspirasi Cen Sui Lan

F. dok cen sui lan

LINGGA (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, menuntaskan bedah rumah atau dikenal program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di seluruh kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri.

Bedah rumah atau program BSPS ini, salah satu kerja nyata lewat dana aspirasi Cen Sui Lan di DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Kepri.

Bedah rumah bersumber dari aspirasi Cen Sui Lan ini, “dititip” melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada APBN tahun anggaran 2023.

Secara nasional, tahun 2023 program bedah rumah ini ditargetkan untuk hunian masyakat sebanyak 149.750 unit tersebar di 34 provinsi.

BACA JUGA:   Rencana Investasi Indosukses Industrial Park Rp1 Triliun

Setiap masyarakat yang rumahnya dibedah, mendapatkan rana BSPS senilai Rp20 juta. Dana tersebut, Rp17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Program bedah rumah dari dana aspirasi Cen Sui Lan, tersebar di tujuh kabupaten/ kota di Provinsi Kepri

Saat kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Lingga, pada Mei 2023 lalu, Cen Sui Lan menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat serta meresmikan program BSPS di Bunda Tanah Melayu ini.

Sebagaimana diketahui, tahun 2023 program BSPS di Desa Tanjung Lipat Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga mendapatkan kuota 16 rumah yang sudah selsai 100 persen pengerjaanya,

BACA JUGA:   Kepri Terang Menerangi Dusun Parit Syukur dan Dusun IV Sawang Laut

Muhlizar, salah seorang penerima yang juga sebagai Ketua Kelompok Program BSPS Desa Tanjung Lipat, mewakili para penerima program bantuan BSPS, menyampaikan, ucapan syukur dan terima kasih kepada Cen Sui Lan.

“Memperbaiki rumah dengan penghasilan kami yang mayoritas nelayan, sangat berat. Kondisi rumah, jika hujan kehujanan, dinding rapuh. Alhamdulillah berkat program nyata melalui dana aspirasi ibu Cen Sui Lan, masalah kami teratasi,” ujarnya.

Ia berharap, program nyata Cen Sui Lan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) khususnya di Kabupaten Lingga dan umumnya di Provinsi kepri, terus bergulir karena manfaatnya dirasakan langsung masyarakat.

BACA JUGA:   BP Batam Terima 4 Sertifikat Barang Milik Negara dari BPN Kepri

“Apalagi disaat kondisi ekonomi yang sulit pada saat ini,” ujar Muhlizar.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SatKer Perumahan BP2P Kepri Riau Sumbar Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Evi Purba ST, mengatakan, pembangunan bedah rumah berjalan sesuai perencanaan dan realisasi sudah banyak yang 100 persen.

“Alhamdulillah, antusias warga penerima manfaat, mengerjakannya secara swadaya dan ada juga bergotong royong,” ujar Evi. (asa)