Internet Satelit Broadband Orbit Rendah China Diterapkan di Thailand

Roket pengangkut Long March-2C yang membawa satelit uji coba untuk teknologi internet satelit, meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada 30 Desember 2023. (F. Xinhua/Wang Jiangbo)

BEIJING (Kepri.co.id – Xinhua) – Sebuah perusahaan antariksa komersial swasta China, yang bekerja sama dengan sebuah universitas di Thailand, berhasil melakukan uji coba pertama untuk jaringan komunikasi pita lebar (broadband) internet satelit orbit rendah di Thailand.

BACA JUGA:   Produk Manufaktur Indonesia Makin Bersinar di Canton Fair

Pencapaian ini menandai aplikasi dan eksplorasi internet satelit broadband orbit rendah China yang pertama di luar negara itu.

GalaxySpace, produsen satelit swasta di Beijing, mendirikan stasiun uji coba darat di Mahanakorn University of Technology di Thailand, dengan basis internet broadband orbit rendah.

BACA JUGA:   India Gelar Pemilu Tahap Keenam

Stasiun ini dapat secara terus-menerus mengamati kapabilitas komunikasi sinyal satelit gelombang milimeter dalam kondisi cuaca lokal.

Kerja sama ini menyediakan platform yang dapat digunakan oleh perusahaan dan universitas lokal, untuk meneliti sistem komunikasi satelit orbit rendah, dan membantu mendorong pengembangan skenario aplikasi dan kapabilitas teknologi terkait di Thailand, kata Wakil Presiden GalaxySpace Liu Chang. (asa/ xinhua-news.com)