Bintan Triathlon Diikuti 500 Peserta dari 35 Negara

Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo (memegang bendera) didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad melepas Bintan Triathlon di Lagoy Bay Bintan, Sabtu (21/10/2023). (F. dok humas pemprov kepri)

BINTAN (Kepri.co.id) – Bintan Triathlon yang merupakan agenda tahunan sport tourism unggulan Kepri yang mashur di luar negeri, kembali digelar setelah sempat absen selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Kali ini Lagoy Bay Bintan dipilih sebagai venue utama penyelenggaraannya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendapat kesempatan melakukan flag off kompetisi tersebut didampingi Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo serta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparrekraf RI, Hariyanto, Sabtu (21/10/2023).

Bintan Triathlon melibatkan peserta dalam uji ketahanan meliputi renang, sepeda, dan lari tersebut, tahun ini diikuti lebih dari 500 peserta dari 35 negara, dengan rentang usia 16 hingga 71 tahun.

Kali ini, Bintan Resort menggandeng Trifactor Singapore dalam menggelar Triathlon.

Lomba dibagi atas tiga kategori yakni enduro, dengan jarak tempuh renang 1,5 kilometer (Km), sepeda 80 Km, dan lari sejauh 20 Km.

BACA JUGA:   Terdakwa PNPM-MPd Bintan Kembalikan Kerugian Negara Rp67,3 Juta

Kemudian kategori olympic dengan jarak tempuh renang 1,5 Km, sepeda 40 Km, dan lari sejauh 10 Km.

Terakhir kategori sprint dengan jarak renang 0,75 Km, sepeda 20 Km, dan lari 5 Km. Even ini juga dimeriahkan duathlon anak (kids splash) dengan jarak renang 200 meter dan lari 400 meter.

Gelaran internasional ini, akan diramaikan kehadiran para atlet hebat dari berbagai negara.

Dua atlet triathlon Kepri, yaitu Albert Wijaya dan Max Federico Carlen juga siap mengharumkan nama Indonesia.

Sebelumnya, mereka telah membuktikan diri sebagai pesaing tangguh dalam dunia triathlon.

Kehadiran mereka di Bintan Triathlon 2023, bukti nyata Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam olahraga ini.

Gubernur Ansar di akhir acara, mengatakan, gelaran ini akan menghidupkan kembali denyut pariwisata di Kepri.

Walau dari segi jumlah peserta yang berpartisipasi lebih sedikit dari penyelenggaraan Bintan Triathlon sebelumnya, yang bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 peserta, namun Gubernur Ansar tetap menyebut penyelenggaraan di tahun ini istimewa.

BACA JUGA:   Gubkepri Ansar Bawa Gubernur Jabar Kang Emil Keliling Penyengat

“Istimewa sebab ini merupakan sebuah revival. Sebuah permulaan kembali. Kita yakin ini yang jadi agenda tahunan, akan mendapat atensi lebih besar di tahun-tahun ke depan” ujarnya.

Gubernur Ansar juga mengatakan, penyelenggaraan even ini dapat menjadi contoh bagi kabupaten/ kota lain di Kepri, siap menyelenggarakan even kelas internasional.

“Untuk itu, kita dorong seluruh kabupaten/ kota di Kepri menyelenggarakan even-even yang sifatnya bervariasi, bisa sport tourism, even kebudayaan, sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan,” imbuh Gubernur Ansar.

Untuk mendukung penyelenggaraan berbagai even di Pulau Bintan khususnya, Gubernur Ansar menerangkan, pembangunan prasarana seperti peningkatan jalan, serta revitalisasi berbagai objek di Ibukota Provinsi menjadi prioritasnya.

BACA JUGA:   30 Pimpinan Perusahaan Tiongkok Jajaki Investasi di Batam

“Jadi wisatawan yang datang berkaitan even-even, tidak hanya menikmati Pulau Bintan bagian utara dan timur saja, namun bisa menikmati city tour ke Pulau Bintan bagian selatan, Kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab, mengatakan, pihaknya bersama Trifactor memang menargetkan 500 peserta mengikuti revival Bintan Triathlon ini. Namun, peserta yang hadir melebihi target.

“Seharusnya, tahun ini merupakan edisi ke-23 penyelenggaraan Bintan Triathlon. Karena pandemi, harus absen tiga tahun. Sehingga, tahun ini menjadi edisi ke-20. Kami memang menargetkan 500 peserta pada revival ini, tapi kami senang yang hadir melebihi target,” ucapnya.

Turut menghadiri flag off tersebut Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Managing Director dan Founder Orange Room Founder Trifactor Series Elvin Ting, Sekdakab Bintan Ronny Kartika SSTP MM, serta Forkopimda Kabupaten Bintan. (hen)