Reses, Cen Sui Lan Tinjau Proyek Rehab Gedung MTsN 1 Batam yang Diperjuangkannya

Kegiatan reses Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau sarpras sekolah di Batam yang diperjuangkannya di APBN dititip melalui Kementerian PUPR, baru-baru ini. (F. dok csl)

BATAM (Kepri.co.id) – Sungguh beruntung masyarakat Kepri, “memiliki” Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Sudah banyak proyek fisik dan non fisik dari APBN, yang dijolok Cen Sui Lan untuk masyarakat Kepri. Di zaman literasi digital ini, rekam jejak karya nyata Cen Sui Lan untuk masyarakat Kepri bisa di-googling.

Baca Juga: Cair, Cair… Beasiswa PIP dari Dana Aspirasi Cen Sui Lan

Kali ini, di musim reses liburan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Cen Sui Lan didampingi Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, Mahbub Daryanto meninjau proyek sarana dan prasarana (sarpras) rehabilitasi pembangunan gedung di MTsN 1 Batam, Senin (17/7/2023).

Sarpras rehabilitasi pembangunan gedung di MTsN 1 Batam dan sarpras mandi, cuci, kakus (MCK) pondok pesantren lainnya yang tersebar di Kepri, merupakan aspirasi Cen Sui Lan yang dititip di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selaku mitra kerja Komisi V DPR RI.

BACA JUGA:   164 Atlet Kepri Ikut Porwil XI, Siap Bawa Tiket PON XXI
Kegiatan reses Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri di MAN IC Nongsa Batam, baru-baru ini. (F. dok csl)

Reses Cen Sui Lan ini, turut didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Kepri, Fasri Bachmid; Kabid Penmad Kemenag Kepri Subadi, dan Kakan Kemenag Kota Batam, Zulkarnain.

Kakanwil Kemenag Kepri, Mahbub berharap, pertemuan bersama Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Kepri ini, ke depan dapat bersinergi membangun madrasah jauh lebih baik.

“Pertama, mengubah wajah madrasah bisa menjadi lebih baik dan bisa bersaing dengan sekolah umum. Sarpras madrasah, harus semakin lebih baik dari tahun tahun sebelumnya,” ujar Kakanwil Kemenag Kepri.

Dengan sarpras yang lebih baik, kata Kakanwil Kemenag Kepri, memudahkan akses belajar anak lebih nyaman di madrasah.

BACA JUGA:   Gubkepri Sampaikan LKPJ dalam Paripurna DPRD

Sarpras yang memadai, menstimulus anak-anak lebih konsentrasi dan nyaman belajar.

“Sarpras juga meningkatkan kapasitas pendidikan, pengembangan bakat dan minat. Sarpras bagus dan lengkap, bakat minat siswa dapat dikembangkan dengan mudah,” ujar Kakanwil Kemenag Kepri.

Contohnya ruang kelas bagus, labor bagus, dan sarpras yang lengkap, tentu menambah kenyamanan dan fokus belajar akan tercipta.

Di tempat yang sama, Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, mengatakan, banyak program yang ada di Komisi V.

Salah satunya pembanguan penyediaan sarpras sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) berupa sarana mandi, cuci, kakus (MCK) di pondok pesantren, agar lingkungan pondok bersih dan nyaman untuk para santri.

“Program MCK ini, pihak Balai Prasarana dan Permukiman Kepri yang membangun awal hingga selesai. Pihak pondok hanya terima kunci, ketika sudah selesai pembangunan,” terang Cen Sui Lan.

BACA JUGA:   Terdakwa Korupsi Jembatan Tanah Merah Masuki Babak Baru Persidangan

Pondok yang mendapatkan program ini, lanjut Cen Sui Lan, harus yang sudah memenuhi persyaratan dan perizinan dari Kementerian Agama.

Sementara Kepala Balai Prasarana Permukiman Kepri, Fasri Bachmid, menyampaikan, ada beberapa program prioritas di kegiatan Balai Prasarana Permukiman Kepri dengan mitra kerja Komisi V DPR RI.

“Saya berharap, setiap program-program prioritas kami dapat berjalan lancar sebelum akhir tahun,” ucap Fasri.

Kunjungan reses ini bertujuan, meninjau program sekaligus melaksanakan pengawasan kementerian/ lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi V DPR RI.

Salah satunya program Ditjen Cipta Karya, yang telah melaksanakan pembangunan dan perbaikan gedung sekolah madrasah di wilayah Kepri selama tahun 2022-2023. Sekaligus menyerap aspirasi atas usulan dan rencana program tahun 2024. (asa)